Nasida Ria Manggung di Kassel, Netizen Puji Akhirnya Kasidah Mendunia

Tia Agnes Astuti - detikHot
Minggu, 19 Jun 2022 19:21 WIB
Nasida Ria grup kasidah asal Semarang yang masih eksis hingga saat ini
Grup kasidah Nasida Ria asal Semarang manggung di Kassel, Jerman. Foto: Afzal Nur Iman/detikJateng
Jakarta -

Grup kasidah Nasida Ria asal Semarang melenggang ke Eropa. Melalui pameran seni rupa kontemporer bernama documenta fifteen, Nasida Ria diundang untuk manggung di Kassel, Jerman.

Saat acara pembukaan documenta fifteen di Kassel pada 18 Juni waktu setempat, Nasida Ria manggung untuk membuka festival. Tak hanya, penonton dari Tanah Air saja yang turut menonton, namun ada juga warga Jerman.

Aksi Nasida Ria manggung di Kassel itu dipuji oleh netizen. Banyak yang mengomentari kasidah bisa mendunia dan dikenal masyarakat Eropa.

Hastag #JermanBerNasidaRia dan #MariKitaQasidahkanJerman menggema di kolom komentar akun resmi Nasida Ria. Netizen juga heboh membicarakannya.

"Sukses acaranya, mantab. Nasida Ria go internasional," kata seorang netizen.

"Nyanyikan lagu perdamaian di Jerman," timpal lainnya.

"MasyaAllah.... Smangat ibu2 cantik Tim Nasida Ria.. Kalian the Best," kata @aulia_andriani.

"Kasseldah Ria," kata lainnya.

"Keren, Sampai Ke Jerman Lagi. Bawakan Lagu Pertama di Vol 5 Nih," ungkap @agmadfadil_15.

Saat Nasida Ria menggelar latihan sebelum hari pembukaan, banyak pencinta seni yang melihat documenta fifteen pun antusias melihatnya. Hal tersebut dilihat dari unggahannya.

"Kondisi saat Nasida Ria latihan, banyak yg antusias mendengarkan lantunan Qasidah! Tgl 18 Nasida Ria akan tampil sebagai pembuka di event seni akbar dunia @documentafifteen di Kassel, Jerman. Sobat yang dekat merapat yaaa. Mari kita Qasidah kan Jerman!!" tulisnya.

documenta fifteen adalah pameran seni rupa kontemporer bergengsi di Eropa yang digelar setiap 5 tahun sekali. Selama 100 hari, berbagai seniman memamerkan karya seninya di Kassel, Jerman.

Tahun ini, ruangrupa berhasil terpilih sebagai direktur artistik documenta fifteen dan mengusung tema Lumbung sebagai konsep pameran. Tak hanya seniman Indonesia yang berpartisipasi, namun juga seniman mancanegara lainnya.

[Gambas:Instagram]





Simak Video "Aksi Memukau Grup Kasidah Nasida Ria di Panggung Jerman"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/mau)