Pink Floyd Dukung Ukraina Lewat Lagu Barunya

Pingkan Anggraini - detikHot
Minggu, 10 Apr 2022 10:06 WIB
Pink Floyd
Pink Floyd semangati Ukraina terinspirasi lihat musisi Andriy Khlyvnyuk ikut perang. Foto: Instagram Pink Floyd
Jakarta -

Grup band legendaris Pink Floyd setelah 28 tahun akhirnya kembali merilis lagu. Lagu baru yang dirilis tahun ini berjudul Hey Hey Rise Up.

Tak hanya itu saja, lagu ini digadang-gadang sebagai aksi dukungan Pink Floyd pada Ukraina. Tentunya mengingat saat ini Ukraina tengah berperang dengan Rusia.

Lebih lanjut, lagu Hey Hey Rise Up ini merupakan inisiasi dari gitaris Pink Floyd, David Gilmour.

Inspirasi dalam membuat lagu ini pun datang dari frontman band BoomBox asal Ukraina, Andriy Khlyvnyuk.

Saat itu, Gilmour membagikan video lewat Instagram yang memperlihatkan Khlyvnyuk menjadi salah satu pasukan perang untuk Ukraina.

Khlyvnyuk tampak sedang berjaga di pos St Sofia Cathedral di Ibu Kota Kyiv. Saat itu Khlyvnyuk menyanyikan lagu patriotik Ukraina Oh, the Red Viburnum in the Meadow. Khlyvnyuk tampak sangat lantang menyanyikan lagu itu.

Karena video itu, Gilmour merasa tersentuh. Ia kemudian langsung berpikir ingin menciptakan sebuah lagu dukungan untuk Ukraina.

"Saya pikir ini begitu ajaib. Saya juga bisa melakukan sesuatu dengan ini," ujar Gilmour, dikutip detikcom dari The Guardian, Sabtu (9/4/2022).

"Saya memiliki wadah yang besar melalui Pink Floyd yang sudah bekerja seperti ini selama bertahun-tahun," lanjutnya lagi.

Gilmour menuturkan, ia sungguh merasa kasihan dan sedih melihat keadaan Ukraina. Baginya perang ini tak seharusnya terjadi.

"Sangat sulit dan membuat frustrasi melihat serangan yang tidak adil kepada sebuah negara yang merdeka, damai, dan demokratis," tegas Gilmour melanjutkan.

Sebagai tambahan informasi, momen ini bukan pertama kalinya Gilmour bersanding dengan Khlyvnyuk dan BoomBox.

Pada 2015, Gilmour berbagi panggung bersama BoomBox di London untuk membantu Belarus Free Theatre. Saat itu mereka memainkan lagu-lagu Pink Floyd dan David Gilmour.



Simak Video "Militer Ukraina Cari Ranjau Perang di Mykolaiv"
[Gambas:Video 20detik]
(pig/pus)