ADVERTISEMENT

40 Tahun Absen, ABBA Bersaing dengan Olivia Rodrigo di Grammy Awards 2022

Hafidjah Nuraulia - detikHot
Kamis, 31 Mar 2022 21:25 WIB
ABBA
ABBA bersaing di Record of the Year Grammy Awards 2022. Dok. Instagram
Jakarta -

Penghargaan Grammy Awards ke-64 pada tanggal 3 April mendatang akan segera berlangsung. Ajang penghargaan bergengsi ini tentu menjadi sorotan dunia. Pasalnya, para artis ternama yang masuk dalam nominasi akan hadir dalam acara tersebut. Salah satu nominasinya ialah Record Of The Year.

Pada nominasi ini, terdapat penyanyi pendatang sang pelantun Driver License, Olivia Rodrigo, hingga penyanyi veteran populer yang telah comeback tahun 2021, ABBA. Melalui singlenya, yakni I Still Have The Faith in You, ABBA berhasil memecahkan rekor penjualan sebanyak 80 ribu keping selama tiga hari dalam masa pra penjualan albumnya, Voyage.

Grup musik pop asal Swedia ini terdiri dari Benny Andersson, Bjorn Ulvaeus, Agnetha Faltskog, dan Anni-Frid Lyngstad. ABBA telah terbentuk sejak tahun 1972 dan berhasil menjadi salah satu grup band populer dalam sejarah industri musik.

Mereka telah menjual lebih dari 380 juta keping album dan single di seluruh dunia. Selain itu, ABBA merupakan grup band pertama dari negara berbahasa non-Inggris yang memiliki kesuksesan dan kepopuleran di dunia.

Sebelum mendapat ketenaran di dunia, mereka memenangkan kontes lagu Eurovision pada tahun 1974. Lalu, mereka pun mendapat sorotan dunia melalui singlenya Waterloo. Di tengah-tengah kepopulerannya, Benny Anderson dan Anni-Frid Lyngstad menikah pada tahun 1978. Sedangkan Bjorn Ulvaeus dan Agnetha Faltskog telah menikah lebih dulu pada tahun 1971 dan bercerai di tahun 1979.

Mereka dikenal sebagai grup band dengan penampilan kostum gaya 70 an yang nyentrik di sepanjang karirnya. Lalu, pada musim semi tahun 1982, grup band tersebut memutuskan untuk bubar. Setelah berpisah dengan tiga rekannya sebagai grup band, Agnetha terus berkarir hingga sukses sebagai artis solo. Namun, ia sempat hilang dari pandangan publik sejak awal 90an hingga tahun 2004.

Setelah 40 tahun tak bersama, mereka memutuskan untuk kembali tampil dalam formasi empat orang. "Kami beristirahat pada musim semi 1982 dan sekarang kami memutuskan untuk mengakhirinya," ujar mereka dalam sebuah wawancara dikutip dari The New York Times.

Mereka merilis Voyage pada 4 November 2021 sebagai album comebacknya. Sebelum meluncurkan albumnya itu, mereka telah mengeluarkan dua single, salah satunya I Still Have The Faith in You yang menjadi nominasi dalam Record Of The Year pada Grammy Awards.



Simak Video "Ekspresi Olivia Rodrigo Tak Sengaja Jatuhkan Piala Grammy"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/ass)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT