Sam Smith dan Normani Dituding Langgar Hak Cipta

ADVERTISEMENT

Sam Smith dan Normani Dituding Langgar Hak Cipta

Pingkan Anggraini - detikHot
Selasa, 08 Mar 2022 20:04 WIB
LONDON, ENGLAND - FEBRUARY 21:  *** EDITORIAL USE ONLY IN RELATION TO THE BRIT AWARDS 2018***  Sam Smith attends The BRIT Awards 2018 held at The O2 Arena on February 21, 2018 in London, England.  (Photo by John Phillips/Getty Images)
Foto: (Getty Images)
Jakarta -

Penyanyi Sam Smith dituding melanggar hak cipta melalui lagunya dengan Normani yang bertajuk Dancing With a Stranger.

Keduanya digugat oleh sang penulis lagu, Jordan Vincent, Christopher Miranda, dan Rosco Banlaoi.

Dikutip detikcom dari Rolling Stone, Selasa (8/3/2022), gugatan itu dilayangkan ke Pengadilan Federal Los Angeles pada 4 Maret 2022.

Dalam gugatan ini, mereka menuduh lagu Dancing With a Stranger memiliki judul, chorus, dan komposisi musik yang mirip dengan lagunya.

Lagu itupun sudah mereka rilis pada Youtube dan Spotify milik Jordan Vincent pada 2017.

"Hook atau chorus di kedua lagu, yang mana adalah bagian dan artistik terpenting dari lagu, berisi lirik dancing with a stranger yang dinyanyikan dengan melodi dan komposisi musik yang hampir sama," ujar Jordan Vincent.

Selain persoalan lagu dan lirik, Jordan Vincent juga menjelaskan mengenai video klip Dancing With a Stranger. Diduga, Sam Smith dan Normani juga menjiplak karyanya.

"Kedua video musik memperlihatkan seorang gadis yang menari interpretatif seorang diri di studio minimalis, diselingi dengan sorotan kamera ke vokalis pria," kata Jordan Vincent.

"Gadis yang menari seorang diri bukanlah tema visual untuk video musik berjudul Dancing With a Stranger, yang cenderung menghilangkan anggapan bahwa kesamaan ini adalah kebetulan. Tetapi ketika kesamaan musik diperhitungkan, menjadi lebih jelas bahwa tidak mungkin komposisi dan rekaman suara dibuat secara independen," jelasnya lagi.

Lebih lanjut, dalam gugatan juga menuding Sam Smith dan Normani memiliki akses ke lagu tersebut melalui label rekaman Thrive Records.

"Sebagai akibat dari eksploitasi tergugat atas lagu penggugat tanpa izin, single itu menjadi hit internasional dan meraup keuntungan yang signifikan. Tergugat telah diberi kesempatan untuk memberikan klarifikasi, tapi meskipun ada jaminan bahwa tanggapan akan datang termasuk analisis dan laporan musikologis, para tergugat tidak pernah mengeluarkan tanggapan resmi. Gugatan ini diajukan sebagai upaya terakhir," tegas Jordan Vincent.



Simak Video "Forkami Ingatkan Konten Kreator Tak Sembarangan Gunakan Lagu"
[Gambas:Video 20detik]
(pig/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT