Tips Mendengarkan Lagu yang Aman Melalui Smartphone

Pingkan Anggraini - detikHot
Rabu, 24 Nov 2021 19:44 WIB
Young woman smiling while riding on a bus listening to music on a smartphone
Foto: iStock
Jakarta -

Mendengarkan lagu menjadi aktivitas yang sering atau banyak dilakukan publik. Biasanya, lagu juga jadi peneman orang-orang dalam menjalani pekerjaan mereka.

Mendengarkan lagu melalui smartphone kini menjadi alternatif yang paling wajar dilakukan banyak orang. Apalagi, biasanya orang mendengarkan lagu di smartphone dengan menggunakan headset.

Namun siapa sangka, mendengarkan lagu di smartphone juga memiliki dampak negatif bagi orang. Salah satunya terlalu lama menggunakan earphone dapat merusak indra pendengaran secara permanen.

Berikut penjelasan cara aman mendengarkan musik melalui smartphone dan earphone.

1. Pilih Earphone yang Nyaman di Telinga

Technology in our life. Close up portrait of young relaxed woman on sofa enjoying of music via wireless earbuds at homeTechnology in our life. Close up portrait of young relaxed woman on sofa enjoying of music via wireless earbuds at home Foto: Getty Images/iStockphoto/YakobchukOlena

Pemilihan bentuk ujung earphone yang akan masuk ke dalam lubang telinga sangat berpengaruh bagi kesehatan.

Biasanya, telinga seseorang akan sakit jika menggunakan earphone terlalu lama. Apalagi, earphone yang digunakan tidak nyaman.

Maka dari itu, pemilihan bentuk earphone yang sesuai dengan kenyamanan telinga kita sangat berpengaruh. Mendengarkan lagu jadi semakin terasa nyaman apabila earphone yang digunakan mendukung.

2. Membatasi Diri

Close up beautiful young asian woman short hair listening music on the couch at homeClose up beautiful young asian woman short hair listening music on the couch at home Foto: Getty Images/iStockphoto/Songsak Paname

Mendengarkan lagu memang aktivitas yang sangat disukai banyak orang. Biasanya, kita akan lupa waktu jika mendengarkan lagu yang kita sukai.

Hal ini harus mulai diubah. Demi menjaga kesehatan indera pendengaran, sebaiknya memberi batasan waktu dalam mendengarkan musik dengan earphone.

Kita tidak perlu melulu mendengarkan musik dengan earphone seharian penuh. Berilah waktu untuk mengistirahatkan telinga.

3. Menurunkan Volume Lagu

Penyesuaian volume dari lagu yang didengar melalui earphone sangatlah penting. Sebaiknya, kita mendengarkan lagu dengan volume normal saja.

Banyak orang lalai dalam hal ini. Mereka biasa mendengarkan lagu dengan volume tinggi. Hal itu dipercaya dapat merusak gendang telinga, apalagi mendengarkan lagunya menggunakan headset.

Demi kenyamanan dan kesehatan pada telinga, maka hal-hal tersebut wajib diperhatikan. Jangan sampai, hal yang menyenangkan untuk dilakukan justru merusak kesehatan tubuh.

Mulai lah merubah kebiasaan-kebiasaan kecil saat mendengarkan musik atau lagu kesukaan kalian. Itu semua demi kesehatan dan tentunya kenyamanan menikmati musik.



Simak Video "'Comeback'! Media Pemutar Musik Winamp Siapkan Perubahan Besar"
[Gambas:Video 20detik]
(pig/wes)