Merah Putihku, Gambaran Semangat Jaga Indonesia dari Duo Mahasodha

Tim detikcom - detikHot
Senin, 22 Nov 2021 20:30 WIB
Duo Mahasodha merupakan nama baru di industri musik Indonesia. Duo yang digawangi oleh Teguh Yuswanto dan Bismar Yogara ini baru saja merilis single perdana mereka yang berjudul Merah Putihku. Single ini menggambarkan semangat menjaga Indonesia.
(Foto: dok. Mahasodha) Lagu Merah Putihku dipilih menjadi single perdana Mahasodha dengan harapan Indonesia tetap bersatu.
Jakarta -

Duo Mahasodha merupakan nama baru di industri musik Indonesia. Duo yang digawangi oleh Teguh Yuswanto dan Bismar Yogara ini baru saja merilis single perdana mereka yang berjudul Merah Putihku. Single ini menggambarkan semangat menjaga Indonesia.

Merah Putihku dirilis bertepatan dengan momen Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober lalu. Momen yang dirasa pas buat sebuah lagu yang ingin memberikan pesan positif dan semangat dalam hal menjaga kemerdekaan bangsa.

Nama Mahasodha memang terbilang unik. Nama ini diambil dari Bahasa Sansekerta yang berarti berani karena benar. Nama ini juga merupakan gambaran semangat yang selaras dari Bendera Merah Putih sebagai lambang Negara Kesatuan Republik Indonesia. Mahasodha lahir sebagai bentuk kecintaan dua personelnya kepada Tanah Air.

"Ini salah satu upaya kami dalam mengisi dan merawat kemerdekaan Indonesia. Fitrahnya, kita harus terus ditingkatkan dan saling mengingatkan. Mahasodha melakukannya melalui jalur seni," ujar Bismar kepada awak media baru-baru ini.

Lagu Merah Putihku dipilih menjadi single perdana Mahasodha dengan harapan Indonesia tetap baik-baik saja. Persoalan-persoalan yang hadir belakang ini membuat banyak hal soal kebersamaan bangsa tergerus, dibutuhkan stimulus agar kita bisa terus berpikir positif dan semangat dalam merawat kemerdekaan.

"Semoga lagu Merah Putihku ini bisa diresapi dan memberikan kontribusi yang baik untuk bangsa Indonesia," tegas Teguh.

Klip lagu Merah Putihku diambil di Bukit Rangkok, Pager Wangi, Tegal, dan Kediaman pelukis Sony Eloperogo di Magelang. Selain alam Indonesia, di klip tersebut juga ditampilkan pencak silat sebagai kearifan lokal yang wajib dilestarikan.

"Kami ingin menunjukkan bahwa Indonesia begitu indah di setiap titiknya," papar Teguh.

Dalam video klip lagu Merah Putihku ditampilkan sebuah kisah persahabatan 4 anak dari pedesaan hingga dewasa. Dalam persahabatan itu, mereka berjanji akan terus merawat Merah Putih. Pesan yang ingin disampaikan dalam video ini adalah soal kebersamaan. Bahwa dalam mempertahankan dan memperjuangkan Merah Putih tidak bisa dilakukan sendirian, tapi harus disertai dengan kesadaran persaudaraan dan rasa persatuan bersama.

Lagu Merah Putihku dirilis di bawah Loteng Musik. Produser sekaligus Music Director Nyonk Kunci berharap lagu ini membawa warna baru untuk industri musik Indonesia. Tidak sekedar enak dinikmati, namun juga ada pesan untuk diresapi.

Duo Mahasodha merupakan nama baru di industri musik Indonesia. Duo yang digawangi oleh Teguh Yuswanto dan Bismar Yogara ini baru saja merilis single perdana mereka yang berjudul Merah Putihku. Single ini menggambarkan semangat menjaga Indonesia.Duo Mahasodha merupakan nama baru di industri musik Indonesia. Duo yang digawangi oleh Teguh Yuswanto dan Bismar Yogara ini baru saja merilis single perdana mereka yang berjudul Merah Putihku. Single ini menggambarkan semangat menjaga Indonesia. Foto: dok. Mahasodha

"Tema lagu ini nasionalis banget dan konsep bermusiknya cukup unik, karena ada puisinya. Semoga lagu Merah Putihku bisa menjadi theme song kaum milenials dalam mengenal Indonesia. Lagu ini memiliki pesan yang kuat, makanya cocok banget untuk para milenials," terang Nyonk Kunci.

Musisi lain yang terlibat antara lain Akay Nento (keyboard & syth) dan Dean Septiadi (bas). Lagu dan klip Merah Putihku saat ini sudah bisa dinikmati di YouTube channel Loteng Musik. Selain itu, bisa juga didengar dan unduh di Spotify, Joox, iTunes, Deezer, dan YouTube Music.

(aay/mau)