Video Musik Animasi Siswa SMK di Balinale International Film Festival Pukau Garin Nugroho

Tim detikcom - detikHot
Minggu, 21 Nov 2021 18:38 WIB
Sabda Alam
Foto: dok. Istimewa
Jakarta -

Sebuah video musik animasi di gelaran Balinale International Film Festival 2021 sukses memukau sutradara kawakan, Garin Nugroho.

Video tersebut berjudul Sabda Alam. Tayangan animasi tersebut ternyata adalah hasil karya siswa SMK Raden Umar Said Kudus, Jawa Tengah.

Para siswa SMK Raden Umar Said Kudus memerkan karya mereka di sesi special screening pada hari terakhir gelaran Balinale International Film Festival.

Tidak cuma itu, siswa dari SMK binaan Djarum Foundation tersebut juga melakukan diskusi dengan beberapa orang, seperti sineas, produser, aktor, penikmat film dan yang lainnya.

Garin Nugroho yang kebetulan ada di acara itu ikut terpukau. Ia menyanjung video musik animasi Sabda Alam.

Ia mengaku mengagumi karya tersebut. Meski masih duduk di bangku SMK, mereka dianggap mampu menghasilkan karya layaknya profesional.

"Saya sudah lihat beberapa karya hasil SMK RUS. Animasi Sabda Alam ini luar biasa sekali untuk sekelas anak-anak SMK membuat animasi sebagus ini," ujar Garin Nugroho seperti dikutip dari keterangan tertulis, Minggu (21/11/2021).

Video tersebut tidak cuma membuat pengunjung lokal berdecak kagum. Beberapa penikmat film dari luar negeri juga ikut memberikan pujian.

"Karya ini sangat menarik dari segi animasi maupun tema cerita yang diangkat. Pesan tersirat yang ingin disampaikan terwakili oleh berbagai elemen, mulai dari musik, lirik, dan gambar yang menjadi kesatuan yang utuh," puji Renee.

"Saya rasa karya para siswa SMK RUS Kudus sangat luar biasa dan dapat membangkitkan ekonomi kreatif di Indonesia. Akan baik jika ada pertukaran pelajar dari SMK RUS dengan siswa di sekolah Perancis agar menambah keterampilan wawasan mereka. Ini adalah awal yang menarik untuk mereka berkarya di industri animasi," kata Philippe usai menyaksikan Sabda Alam.

(dar/dar)