ADVERTISEMENT

Jenis Musik yang Bisa Tenangkan Pikiran saat Aktivitas Padat

Pingkan Anggraini - detikHot
Senin, 15 Nov 2021 15:48 WIB
Santri Tutup Telinga Saat Ada Musik, Ini Komentar Yenny Wahid hingga MUI
Foto: detikcom/Thinkstock
Jakarta -

Senin merupakan hari awal yang biasanya berat dijalani banyak orang. Bagaimana tidak, Senin biasanya digunakan orang untuk memulai aktivitas kembali setelah sebelumnya berlibur.

Kali ini detikcom akan membantu kamu untuk menenangkan pikiran setelah penat melakukan banyak aktivitas hari ini.

Berikut adalah genre musik yang bisa membantu menenangkan pikiran kamu. Jangan salah loh, K-POP ternyata juga bisa menenangkan pikiran. Yuk simak di sini.

1. Musik Klasik

Kelompok musik Jakarta Concert Orchestra (JCO) menggelar konser Kelompok musik Jakarta Concert Orchestra (JCO) menggelar konser "Love, God and My Home" di Usmar Ismail Hall Jakarta, Minggu (6/10). Begini suasanaya. Foto: Istimewa

Musik klasik nyatanya digemari banyak orang. Bukan hanya sering didengarkan sebagai pengantar tidur saja, musik klasik juga sering dipilih untuk menemani segala kegiatan orang di dalam maupun luar rumah.

Musik klasik banyak memiliki melodi yang menggembirakan. Tempo yang cepat dan berirama pun dapat membantu meningkatkan mood.

Biasanya, lagu-lagu calming dapat diterima dan membuat pikiran lambat laun menjadi tenang.

2. Musik Santai

NEW YORK, NEW YORK - SEPTEMBER 23: Chris Martin of Coldplay performs live at The Apollo Theater for SiriusXM and Pandora's Small Stage Series in Harlem, NY on September 23, 2021 in New York City.   Theo Wargo/Getty Images for SiriusXM/AFP (Photo by Theo Wargo / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)NEW YORK, NEW YORK - SEPTEMBER 23: Chris Martin of Coldplay performs live at The Apollo Theater for SiriusXM and Pandora's Small Stage Series in Harlem, NY on September 23, 2021 in New York City. Theo Wargo/Getty Images for SiriusXM/AFP (Photo by Theo Wargo / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP) Foto: Getty Images via AFP/THEO WARGO

Pemilihan musik santai yang biasanya bertempo pelan pun dapat membantu menenangkan pikiran. Lagu-lagu berkonsep jazz, pop, biasanya dapat membantu memberikan kenyamanan untuk dinikmati.

Lagu-lagu santai ini bisa kamu dapat dari Coldplay, atau bahkan musik K-POP. Musik santai dipercaya dapat memberikan efek kebahagiaan.

3. Musik Alam

Foto di alam mencengangkanFoto di alam mencengangkan Foto: Reddit via Brightside

Musik alam adalah suara-suara yang dikeluarkan oleh keadaan alam sekitar. Contohnya, suara burung, hujan, hembusan angin, bahkan gesekan daun di hutan.

Biasanya, musik-musik alam diperdengarkan saat sedang merasa insomnia.

Melodi lagu alam ini diperuntukan sebagai meditasi yang minim atau tanpa vokal sama sekali. Melodi ini diciptakan khusus untuk membuat pikiran rileks dan tenang.

4. Musik Kontemporer

Digitalisasi ikut menyelamatkan musik-musik jadul Indonesia. Seperti ini salah satu contohnya. -. Irama Nusantara adalah nama sebuah yayasan sosial dan situs web pengarsipan musik yang berpusat pada pelestarian, pengarsipan dan pendokumentasian musik popular indonesia dari tahun 1920-an sampai 1990-an.Digitalisasi ikut menyelamatkan musik-musik jadul Indonesia. Seperti ini salah satu contohnya. -. Irama Nusantara adalah nama sebuah yayasan sosial dan situs web pengarsipan musik yang berpusat pada pelestarian, pengarsipan dan pendokumentasian musik popular indonesia dari tahun 1920-an sampai 1990-an. Foto: Grandyos Zafna

Musik kontemporer tidak jauh berbeda dengan musik klasik. Pada musik kontemporer juga memiliki tempo yang lambat. Musik ini dipercaya dapat menenangkan pikiran.

Musik klasik kontemporer atau instrumental biasa dipercaya dapat membuat kecemasan mereda. Musik ini cocok diputar ketika bersantai dari hiruk pikuk pekerjaan.



Simak Video "Quinnara Jiva, Pianis Cilik Bak Maestro"
[Gambas:Video 20detik]
(pig/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT