Begini Cara Merawat Gitar dengan Benar

ADVERTISEMENT

Begini Cara Merawat Gitar dengan Benar

Pingkan Anggraini - detikHot
Senin, 08 Nov 2021 17:53 WIB
REMAGEN, GERMANY - DECEMBER 11: Master guitar craftsman Tobias Ahlke adjusts the tones on an acoustic guitar body at his workshop on December 11, 2019 in Remagen, Germany. Germany. Ahlke produces acoustic and electric guitars from carefully selected types of wood and needs about 100 working hours to produce a single acoustic guitar. His clients wait up to a year for his Essence brand of custom-made guitars. (Photo by Andreas Rentz/Getty Images)
Foto: Getty Images/Andreas Rentz
Jakarta -

Cara merawat gitar dengan benar memang menjadi pertanyaan banyak orang. Banyak pula pemilik gitar yang rupanya jarang sekali tahu cara merawat alat musiknya itu dengan baik.

Muncullah tips-tips tanpa sumber ahli yang mengatakan menjemur gitar di bawah terik matahari nantinya dapat memunculkan suara yang lebih bagus.

Lalu, apakah hal itu benar adanya?

detikcom akan mengulas cara-cara merawat gitar dengan baik. Simak di sini.

1. Simpan di tempat yang memiliki suhu ideal

Gitar adalah alat musik yang kerap dimiliki banyak orang. Namun, banyak orang masih tabu dengan tata cara merawat gitar.

Gitar sebaiknya disimpan pada suhu yang ideal, berkisar antara 15 sampai 28 derajat celcius.

Hindari juga suhu yang terlalu tinggi karena biasanya lem pada gitar justru akan mencair. Hal tersebut justru akan membuat beberapa bagian gitar saling melepaskan diri.

2. Kelembaban udara

Kelembaban ideal untuk gitar adalah 35 sampai 55 persen. Untuk mendapatkan kelembaban yang baik pada gitar, cukup meletakannya di ruangan ber-AC.

3. Membersihkan gitar dengan benar

Kebanyakan gitar yang diproduksi Indonesia merupakan hasil dari produksi pabrik. Hal itu tidak dapat dipastikan gitar memiliki lantunan suara yang baik.

Biasanya, dalam pembuatan gitar-gitar seperti itu dibutuhkan cairan kimiawi untuk hasil penyelesaiannya.

Untuk gitar dengan hasil akhir menggunakan bahan kimiawi ini diperbolehkan sesekali membersihkannya dengan pembersih instrumen yang biasa dijual di pasaran.

4. Pemakaian senar yang tepat

Pada gitar sebaiknya dilarang untuk menggunakan senar baja atau steel string. Pada senar baja memiliki tarikan yang lebih besar ketimbang nylon.

5. Hindari melakukan hal aneh pada gitar

Banyak yang beranggapan, salah satu cara merawat gitar bisa dilakukan dengan mengolesinya minyak kayu putih, dijemur, hingga diberikan merica pada lubang.

Hal itu kerap dicontoh banyak orang. Namun, bukan berarti hal itu benar. Hal itu nyatanya hanya merusak gitar dan tidak dapat memberikan suara yang diinginkan.

Kualitas gitar akan sangat bagus apabila memang membeli gitar dengan pembuatan dan bahan dasar yang terbaik.



Simak Video "Dewa Budjana Ketagihan Gitar Miliknya Dilukis Seniman"
[Gambas:Video 20detik]
(pig/mau)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT