Tips Agar Senar Gitar Tak Mudah Karatan

ADVERTISEMENT

Tips Agar Senar Gitar Tak Mudah Karatan

Pingkan Anggraini - detikHot
Jumat, 29 Okt 2021 11:45 WIB
REMAGEN, GERMANY - DECEMBER 11: Master guitar craftsman Tobias Ahlke adjusts the tones on an acoustic guitar body at his workshop on December 11, 2019 in Remagen, Germany. Germany. Ahlke produces acoustic and electric guitars from carefully selected types of wood and needs about 100 working hours to produce a single acoustic guitar. His clients wait up to a year for his Essence brand of custom-made guitars. (Photo by Andreas Rentz/Getty Images)
Foto: Getty Images/Andreas Rentz
Jakarta -

Senar menjadi hal paling penting dalam permainan gitar. Bagaimana tidak, bila senar gitar sehat, maka dawai yang di keluarkan akan semakin bagus.

Namun sayangnya senar gitar justru menjadi bagian yang paling ringkih. Senar biasanya mudah berkarat jika gitar jarang dibersihkan.

Kendala setiap orang yang memiliki gitar kemungkinan besar adalah sulit merawat senar.

Kali ini detikcom akan berbagi tips merawat senar gitar agar tak cepat berkarat. Berikut rangkumannya.

Langkah awal, jika hendak memegang atau memainkan gitar maka pastikan kedua tangan dalam keadaan kering. Jika tangan berkeringat, maka keringkan terlebih dahulu dan selalu sediakan alat pengering.

Langkah kedua, pastikan kuku jari tangan tidak panjang. Hal itu karena kuku dapat dengan cepat mengelupaskan lapisan coating pada senar. Saat itu senar akan mudah berkarat jika lapisan coatingnya hilang.

Lalu langkah ketiga, kendorkan senar gitar. Hal ini penting jika gitar diperkirakan tidak akan dimainkan dalam jangka waktu yang lama.

Selain itu, usahakan untuk tidak menyetem senar gitar terlalu tegang karena dapat merusaknya secara cepat.

Langkah keempat, jangan letakan gitar di dekat jendela jika keadaan tengah musim hujan. Hal itu untuk meminimalisir adanya percikan air hujan yang mengenai senar gitar.

Langkah kelima, gunakan softcase dan hardcase untuk menyimpan gitar. Jika gitar hendak dibawa bepergian, softcase dan hardcase wajib digunakan.

Langkah keenam, pastikan selalu membersihkan senar gitar seusai pakai. Gunakan String Cleaner untuk melapisi senar, fret, dan fingerboard. Hal ini dapat melindungi senar dari debu-debu yang hendak menempel.

Selamat mencoba!



Simak Video "Dewa Budjana Ketagihan Gitar Miliknya Dilukis Seniman"
[Gambas:Video 20detik]
(pig/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT