Riwayat Sakit Oddie Agam Sebelum Meninggal Dunia

Tim detikcom - detikHot
Rabu, 27 Okt 2021 12:04 WIB
Jakarta -

Sebelum meninggal dunia, Oddie Agam dikabarkan harus dilarikan ke rumah sakit. Ia menjalani perawatan di ICU RS Persahabatan, Jakarta Timur.

Istri Oddie Agam, Almafilia, menceritakan detik-detik suaminya itu dilarikan ke rumah sakit. Hal itu bermula ketika ia mengalami batuk yang tak kunjung henti.

Seperti diketahui, Oddie Agam memiliki riwayat sakit stroke sejak 2017. Saat makan, ia sering kali tersedak.

"Tanggal 5 kemarin hari Selasa malam dia habis makan malam kayak tersedak habis itu batuk. Kalau tersedak kan memang sudah sering. Semenjak stroke kan memang melemah dia, punya otot leher jadi sering tersedak. Biasanya kalau dia tersedak itu didiemin sebentar istirahat habis itu makan lagi," ujar Almafilia saat ditemui di RS Persahabatan, Rawamangun, Jakarta Timur, Jumat (8/10/2021).

"Selasa malam itu habis tersedak tuh batuk terus nggak berhenti, lendirnya banyak nggak bisa keluar," lanjut Almafilia.

Panik, Almafilia akhirnya membawa Oddie Agam ke rumah sakit. Ternyata saat dites, ginjal sang musisi bermasalah.

"Ya sudah saya pikir saya bawa ke UGD itu napasnya sudah sesak, masuk ke UGD dites SWAB dulu negatif alhamdulillah Bang Oddie nggak kena COVID," tutur Almafilia.

"Terus hasil tes lab-nya ternyata lendirnya tinggi, jadi yang bermasalah ginjalnya," jelasnya.

Almafilia tak percaya dengan hal tersebut. Ia merasa kecolongan dengan sakit ginjal Oddie Agam.

"Itu juga saya kayak rada kecolongan kenapa saya nggak tahu, ternyata kata dokter ginjal itu nggak terdeteksi sampai sisa 10 persen berfungsi," beber Almafilia.

"Ya sudah akhirnya kita ambil keputusan untuk cuci darah. Besoknya operasi pasang alat tunggu jadwal cuci darah, sore cuci darah. Sore saya dengar kabar setelah cuci darah tingkat kesadarannya menurun jadi dibawa ke ICU," sambungnya.

(dar/nu2)