Wow! Muse Jajal Teknologi VR untuk Konser Virtualnya

Anarani Kifaya - detikHot
Rabu, 22 Sep 2021 16:20 WIB
Matt Bellamy (L) and Dominic Howard, of the rock band Muse, hold their award for Best Rock Album for Drones during the 58th Grammy Awards in Los Angeles, California February 15, 2016.  REUTERS/Lucy Nicholson
Matt Bellamy dan Dominic Howard. Foto: REUTERS/Lucy Nicholson
Jakarta -

Teknologi realitas maya atau yang lebih dikenal dengan istilah VR (Virtual Reality) memang belakangan ini marak digarap. Dengan hadirnya VR, pengguna bisa merasakan seolah-olah sedang berada di sebuah tempat imajinasi yang disimulasikan oleh komputer dan sebuah perangkat khusus berbentuk kacamata. Konser merupakan salah satu industri yang turut merasakan kecanggihan VR.

Muse, band rock asal Inggris mencoba konser virtualnya dengan teknologi ini. Untuk mewujudkannya mereka bekerja sama dengan aplikasi Stageverse. Pertunjukan Muse yang habis terjual saat tampil di Madrid dalam Simulation Theory World Tour pada tahun 2019 lalu diadaptasi menjadi konser realitas maya.

Konser virtual ini diberi nama Muse: Enter The Simulation. Para penggemar Muse dari berbagai belahan dunia bisa menikmatinya mulai tanggal 21 September. Sampai berita ini turun, konser tersebut bisa ditonton gratis melalui aplikasi Stageverse. Hal menarik dari konser VR yakni bisa menjelajahi pertunjukan dari 16 sudut pandang yang berbeda dalam 360 derajat. Selain itu penonton juga bisa secara virtual pergi bersama teman-teman dan menciptakan avatar dalam bentuk 3D.

Matt Bellamy, vokalis sekaligus gitaris dari Muse, sangat antusias dengan proyek ini. "Kami tidak sabar menunggu para penggemar kami benar-benar dapat terhanyut dalam dunia Simulation Theory kami dan memanfaatkan sepenuhnya semua yang bakal ditawarkan oleh Stageverse," ujarnya seperti yang dilansir dari NME.

Simulation Theory adalah judul album kedelapan dari Muse yang dilepas pada November 2018. Bersamaan dengan promosi album, mereka mengadakan tur Simulation Theory World Tour yang dimulai dari Februari 2019 di Houston, Amerika Serikat sampai berakhir di Lima, Peru pada Oktober 2019. Film dokumenter konser pun dibuat dengan judul Muse - Simulation Theory, diluncurkan pada Agustus 2020. Film ini menggabungkan cuplikan konser Simulation Theory World Tour yang berlangsung di London dari 14 hingga 15 September 2019.

Muse sejauh ini sudah mengadakan sebelas rangkaian tur sejak tahun 1998 dengan delapan album studio. Band yang digawangi oleh Matt Bellamy (vokal dan gitar), Dominic Howard (drum), serta Chris Wolstenholme (bass dan vokal latar) juga sering memenangkan sederet penghargaan antara lain sebagai British Live Act Brit Awards 2005, Favorite Alternative Artist American Music Awards 2010, dan Best Rock Album Grammy Awards 2011.



Simak Video "Jadi Penyanyi, Anak Ferdy Element Akui Ada Bayang-Bayang Nama Ayahnya"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/srs)