Mengenang Avicii, DJ yang Sukses Mengangkat Musik EDM Secara Global

Anarani Kifaya - detikHot
Rabu, 08 Sep 2021 18:52 WIB
DJ Avicii
Foto: DJ Avicii (Instagram Avicii)
Jakarta -

Hari ini, tanggal 8 September merupakan ulang tahun DJ ternama asal Swedia, yaitu Avicii, yang ke-32. Pria dengan nama asli Tim Bergling ini bisa dibilang menjadi salah satu musisi yang berpengaruh di kancah musik internasional sebab lagu-lagunya hingga sekarang masih santer terdengar di berbagai tempat umum atau radio meskipun ia telah tutup usia pada April 2018 silam.

Ketertarikan Avicii dengan dunia musik elektronik rupanya muncul sejak remaja. Di usia 16 ia sudah bisa me-remix macam-macam melodi hingga melahirkan musik elektronik yang sesuai dengan karakter bermusiknya. Pada tahun 2010 dengan nama Tim Berg, ia melepas sebuah lagu bertitel Seek Romance. Lagu tersebut menduduki tangga lagu di banyak negara antara lain Belgia, Prancis, Belanda, Britania Raya, dan Swedia.

Tak lama setelah mengeluarkan single Seek Romance, Avicii menandatangani kontrak dengan EMI Music Publishing. Di sinilah ia memulai petualangan bermusiknya sebagai DJ. Dengan panggung Avicii, ia merilis musik berjudul Levels pada tahun 2011. Musik elektronik yang diisi oleh sedikit vokal ternyata menarik perhatian publik. Uniknya Levels malah mendaki tangga lagu genre pop. Peristiwa tersebut yang mengantarkan Avicii ke jalur musik arus utama.

Avicii melebarkan sayapnya sebagai DJ. Bersama DJ senior David Guetta ia berkolaborasi dalam lagu Sunshine. Tak hanya berkolaborasi antara sesama DJ, Avicii juga berduet dengan penyanyi legendaris Madonna. Ia menciptakan versi remix dari lagu Madonna, Girl Gone Wild.

Mereka berdua membawakan lagu itu di Ultra Music Festival 2012. Penampilan Avicii dan Madonna memecahkan rekor streaming festival musik pada saat itu. Masih di tahun 2012, Avicii menggelar sebuah konser di kota kelahirannya, Stockholm. Sebanyak 16.000 tiket terjual habis.

Nama Avicii terus menanjak di belantika musik internasional. Ia sukses membawa pulang piala American Music Awards 2013 sebagai Favorite Electronic Dance Music Artist disusul dengan MTV Europe Music Awards kategori Best Electronic. Avicii mengajak musisi lain untuk berduet. Kali ini ia menunjuk Aloe Blacc untuk bernyanyi dalam lagu Wake Me Up. Selepas peluncurannya, Wake Me Up meraih posisi pertama di tangga lagu Dance/Electronic Music Billboard dan bertengger selama 14 minggu.

Serangkaian lagu telah diciptakan oleh Avicii. Sukses dengan album perdananya, True, yang dikeluarkan tahun 2013, ia hadir membawa album kedua yang berjudul Stories. Dalam album yang dirilis tahun 2015 ini Avicii menghasilkan lagu-lagu antara lain Waiting for Love, The Nights, dan Gonna Love Ya. Martin Garrix, DJ asal Belanda ikut memproduseri Waiting for Love.

DJ AviciiDJ Avicii. Foto: DJ Avicii (Instagram Avicii)

Di sela-sela pembuatan musik, Avicii kerap melakukan serangkaian tur dan menghadiri musik festival berbagai belahan dunia. Pada tahun 2015, ia mengadakan konser tur Stories World Tour di sejumlah negara dari New Zealand, Australia, Singapore, Indonesia, Amerika Serikat, hingga berakhir di Inggris.

Namun, tak semua kesuksesan diikuti dengan kegembiraan. Di tengah jadwal yang padat Avicii harus berjuang dengan kesehatan mentalnya. Sampai pada Maret 2016, ia memilih untuk menunda sementara waktu tampil di depan umum. Namun pada Juni 2017 Avicii kembali muncul dengan mini album Avīci (01) yang berisi lagu seperti Lonely Together, Without You, serta You Be Love.

Beberapa bulan sebelum kepergiannya tepatnya Februari 2018, Avicii sempat mengeluarkan single Ghost dan memberikan bocoran bahwa ia sedang mengerjakan materi untuk album selanjutnya. Sayangnya, belum sempat mengeluarkan album, media dikagetkan dengan berita bahwa Avicii telah pergi untuk selamanya. Pihak dari Avicii memutuskan untuk tetap melepas album penuh ketiganya pada Juni 2019 yang diberi judul TIM.

Berhasil membawa musik EDM lebih dikenal oleh dunia semasa hidupnya, Google pun memberikan kehormatan dengan menampilkan Avicii sebagai Google Doodle. Animasi dalam Google Doodle tersebut dituangkan berupa goresan sketsa warna warni figur Avicii dengan lagu Wake Me Up sebagai lagu latar.

[Gambas:Youtube]






Simak Video "Kabar Terbaru Tukul Arwana yang Sudah Pulang dari Rumah Sakit"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/srs)