Koes Hendratmo Sempat Dilarikan ke Rumah Sakit

Tim Detikcom - detikHot
Selasa, 07 Sep 2021 18:24 WIB
This picture taken on March 28, 2018 shows Indonesian singer Koes Hendratmo posing during a promotional event in Jakarta. (Photo by Oeday Abdullah / AFP)
Koes Hendratmo. Foto: AFP/OEDAY ABDULLAH
Jakarta -

Penyanyi dan pembawa acara senior, Koes Hendratmo, meninggal dunia. Ia menghembuskan napas terakhir pada usia 78 tahun pada Selasa (7/9/2021).

Menurut Boy Kelana yang merupakan adik ipar sekaligus perwakilan keluarga, Boy Kelana, sebelum benar-benar dinyatakan meninggal, Koes Hendratmo sempat dilarikan ke rumah sakit setelah ditemukan di rumahnya.

"Yang kami dapat informasinya tadi pagi almarhum seperti ada gangguan, kemudian dibawa ke rumah sakit, dicek sampai RS sudah tidak ada pada pukul 11.09 WIB," ungkap Boy Kelana ditemui di rumah duka.

Sebelumnya, rekan Koes Hendratmo, Tantowi Yahya juga menceritakan bahwa pria kelahiran 9 Februari 1943 itu ditemukan oleh asisten rumah tangga (ART) di rumahnya.

Saat itu rumah Koes Hendratmo terkunci dan ART mencoba masuk secara paksa. Hal itu dilakukan karena Koes Hendratmo tak kunjung datang dan membukakan pintu.

Setelah masuk secara paksa, ART menemukan jenazah Koes Hendratmo di kamarnya. Koes Hendratmo memang tinggal sendirian di rumah setelah istrinya meninggal 100 hari yang lalu.

"Ya tadi telepon adik iparnya Mas Koes sekitar 1 jam yang lalu menanyakan hal itu, dan dikonfirmasi betul oleh adik istrinya tersebut. Jadi Mas Koes itu sejak istrinya April meninggal 100 hari yang lalu, dia tinggal sendiri di rumahnya. Dan menurut info dari adiknya itu, ada yang datang ke rumahnya itu asisten gitu," ujar Tantowi Yahya saat dihubungi detikcom.

Semasa hidupnya, Koes Hendratmo dikenal sebagai pemandu acara untuk kuis musik bernama Berpacu dalam Melodi. Kuis yang pesertanya harus menebak judul lagu yang dilantunkan dalam acara tersebut itu begitu populer dan diminati pemirsa.

Selain itu, Koes Hendratmo juga memiliki catatan kiprah di dunia musik. Ia pernah melahirkan sejumlah album, di antaranya Lambaian Bunga (1959), Sansaro (1968), Wanita Wanita (1970), Pop Batak Legendaris (2000), dan My Love for You (2011).

Anak Koes Hendratmo pun mengikuti jejaknya untuk berkarier di dunia musik, mereka adalah Anda Perdana dan Bonita.

Sebelumnya, istri dari Koes Hendratmo, Aprilia Puspitawati, juga meninggal dunia pada tahun ini, tepatnya 20 Mei 2021 di RSPAD Gatot Subroto. Ia tutup usia di umur 52 tahun.



Simak Video "Kronologi Meninggalnya Koes Hendratmo"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/wes)