Keluarga Pastikan Elly Kasim Meninggal Bukan karena COVID-19

Hanif Hawari - detikHot
Rabu, 25 Agu 2021 12:26 WIB
Jakarta -

Elly Kasim meninggal dunia. Penyanyi senior yang dikenal kerap membawakan lagu-lagu pop Minang itu sempat dirawat di rumah sakit karena sakit yang diidapnya.

Hal itu diungkapkan oleh keluarga Elly Kasim. Saat dihubungi oleh wartawan, Keponakan Elly Kasim yang bernama Arfi Bambani menceritakan bagaimana awal mula Elly Kasim dilarikan ke rumah sakit.

"Jadi di grup keluarga sudah ramai dari kemarin. Tante Elly dirawat di rumah sakit. Sejak kapan masuknya kurang tahu, memang darurat, tapi bukan COVID-19," ujar Arfi Bambani, Rabu (25/8/2021).

Arfi Bambani mengatakan, Elly Kasim memiliki masalah pencernaan semasa hidup. Sampai akhirnya ia mengalami komplikasi.

"Ada masalah pencernaan yang katanya sudah kronis. Sampai akhirnya mengakibatkan komplikasi ke organ lainnya," imbuh Arfi Bambani.

suasana di rumah duka Elly KasimSuasana di rumah duka Elly Kasim. Foto: Hanif/detikHOT

Rencananya, jenazah Elly Kasim akan dimakamkan di Al Azhar Memorial Garden, Karawang, Jawa Barat. Ia akan dibawa ke sana dari rumah duka usai disalatkan.

Semasa hidupnya, Elly Kasim paling dikenal lewat lagu Ayam Den Lapeh. Namun selain itu, dirinya pun menelurkan sejumlah hits, di antaranya kasiah Tak Sampai, Ampun Mandeh, Langkisau, Cinto Ka Uda, dan lain-lain.

Elly Kasim merupakan musisi kelahiran Tiku, Tanjung Mutiara, Agam, Sumatera Barat pada 27 September 1944. Ia dikenal sebagai tokoh penyanyi yang begitu berpengaruh di ranah pop Minang.

Dirinya pun memiliki sejumlah album di antaranya Kudaki Lari (1966), Elly Kasim (1966), Sinar Riau (1969), Suara Minang (1969), Djam Gadang (1969), Ketilang Minang (1974), dan lain-lain.

Pada 2017, Elly Kasim menggelar konser Menjulang Bintang ,57 Tahun Elly Kasim Berdendang yang berlangsung di Taman Ismail Marzuki (TIM) dengan Titiek Puspa, Be3, Judika dan Rancak Voice sebagai bintang tamu.

Dirinya juga terlibat dalam pertunjukan drama musikal Siti NUrbaya yang digelar oleh Galeri Indonesia Kaya.

Belakangan, Elly Kasim memiliki usaha yang bergerak dalam bidang urusan pernikahan khusus adat Minang bernama Elly Kasim Collection.

Diketahui, Elly Kasim Collection sempat mengurusi acara adat malapeh bujang dan malam bainai pasangan Lesti Kejora dan Rizki Billar, serta menyediakan busana untuk pernikahan Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah.

(hnh/srs)