Bilal Indrajaya Balut Lirik Muram dalam Niscaya dengan Melodi yang Terang

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Rabu, 25 Agu 2021 14:53 WIB
Bilal Indrajaya
Foto: dok. SRM/ Bilal Indrajaya
Jakarta -

Solois Bilal Indrajaya mengeluarkan single baru berjudul Niscaya. Dalam penggarapan lagu itu, dirinya berkolaborasi dengan produser Laleilmanino.

Niscaya menjadi lagu yang terbilang berbeda dari karya yang pernah dikeluarkan Bilal Indrajaya sebelumnya. Menurut Bilal, warna baru itu diperoleh karena keterlibatan Laleilmanino.

Selain menyuguhkan warna yang berbeda, Niscaya juga terbilang karya yang unik. Lirik dari lagu itu ditulis Bilal Indrajaya ketika dirinya tengah merasa di titik terendah dalam hidupnya karena tempaan hidup yang menderanya.

Namun, Bilal Indrajaya justru mencoba meramu lagu tersebut dengan aransemen yang terdengar lebih cerah dari lagu-lagu terdahulunya.

"Ini lagu lama sebenarnya, jadi lagu ini gue bikin beberapa bulan lalu ketika gue ingin pergi tapi enggan meninggalkan. Sebenarnya ini bukan lagu cinta awalnya, ada momen dalam hidup gue, ketika gue ingin bunuh diri tapi gue takut. Ada masalah hidup yang berputar terus, ada satu momen yang, gimana nih gue mengakhirinya," ujar Bilal Indrajaya dalam sesi dengar virtual.

Menurut Bilal Indrajaya, dirinya sengaja menyuguhkan lagu dengan lirik muram yang dibalut dengan melodi yang terdengar riang agar dapat diinterpretasikan secara berbeda oleh para pendengarnya. Dia pun mengaku terinspirasi menggunakan pendekatan tersebut, salah satunya, karena mendengar Heaven Knows I'm Miserable Now karya The Smiths.

"Kalau lagu muram terus secara bunyi-bunyian juga muram, ketebak ya, 'Wah lagu muram nih'. Sebenarnya gue suka banget ada musisi-musisi yang gue suka banget, lagu-lagunya yang murah tapi secara bunyi lagu-lagunya upbeat ya," tutur Bilal.

"Terus juga sebenarnya simpel alasannya, gue belum pernah bikin lagu muram tapi secara bunyi-bunyian ceria, jadi challenge tersendiri buat gue. Memang gue berniat bikin lagu yang cukup upbeat," sambung dia.

Tidak hanya berperan sebagai produser, dalam lagu ini, Laleilmanino juga membantu Bilal dalam menulis satu bagian dalam lagu.

"Gue akhirnya kerja bareng dengan Laleilmanino, mereka menyanggupi, jadi akhirnya kayak gini lagunya. Jadi sebenarnya lagu ini gue bikin nggak ada bridge-nya. Kami workshop sama Laleilmanino, terus akhirnya mereka bantu bikin bridge-nya," jelas Bilal.

Nantinya, Niscaya akan menjadi pembuka dari album baru yang tengah ia persiapkan. Akan tetapi, dirinya mengatakan bahwa single tersebut belum dapat disebut mewakili albumnya.

Bilal Indrajaya justru mengatakan dirinya sengaja menaruh Niscaya sebagai pembuka album karena memiliki warna yang berbeda. Hal itu bertujuan untuk memberikan kejutan bagi para pendengarnya.

"Di album yang akan datang sebenarnya cukup nyebrang dari materi yang ini. Mungkin gue sengaja bikin agar kayak clickbait," jawabnya.



Simak Video "Kerennya Bilal Indrajaya dan Teddy Adhitya Nyanyikan Lagu Daerah"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/wes)