ADVERTISEMENT

Katalog Lagu Aaliyah Bakal Dilengkapi di Layanan Streaming

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Rabu, 11 Agu 2021 12:39 WIB
377894 77: Aaliyah wins the MTV Award for Best video from a film September 7, 2000 at the MTV Awards at Radio City Music Hall in New York City. (Photo by George De Sota/Liaison)
Foto: Getty Images/George De Sota
Jakarta -

Katalog album dari mendiang penyanyi R&B ikonik, Aaliyah, bakal tersedia di layanan streaming musik secara lebih lengkap. Katalog itu termasuk album One in a Million, Aaliyah, serta album kompilasi Ultimate Aaliyah.

Hal tersebut menyusul kerja sama antara Blackground Records, yang kini berganti nama menjadi Blackground Records 2.0, dengan label rekaman EMPIRE. Kerja sama itu ditujukkan untuk mendistribusikan katalog musik dari Blackground Records.

Tidak hanya katalog milik Aaliyah, secara bertahap lagu-lagu milik Timbaland & Magoo, Tank, Toni Braxton, JoJo, dan Ashley Parker Angel yang dirilis di bawah label rekaman tersebut. Dan juga akan diedarkan secara digital.

Blackground juga turut mengumumkan platform hiburan baru bernama Music360 yang akan diluncurkan pada akhir musim panas tahun ini.

Didirikan oleh Barry dan Jomo Hankerson pada 1993, Blackground Records adalah label rekaman yang populer di era 1990-an hingga awal 2000-an.

"Sejak awal kami selalu ingin mengguncang industri musik dan kerja sama kami dengan EMPIRE melanjutkan peninggalan luar biasa kami. Ini adalah Blackground Records 2.0," ujar Barry Hankerson dalam keterangan pers yang diterima detikcom.

Rupanya keinginan Blackground itu disambut dengan tangan terbuka oleh EMPIRE. "Blackground Records mengubah musik populer yang kita ketahui sekarang. Kami sangat senang dapat memberikan rumah untuk Blackground Records 2.0 dan membantu membagikan kisah mereka," ujar CEO dan pendiri EMPIRE, Ghazi.

Katalog lagu Blackground RecordsKatalog lagu Blackground Records. Foto: dok. Blackground Records & EMPIRE

Aaliyah Dana Haughton merupakan aktris dan penyanyi asal Amerika Serikat yang lahir di New York pada 16 Januari 1979. Dirinya dikenal sebagai penyanyi ikonik dan aktris yang memiliki sejumlah lagu hits dan membintangi beberapa judul film.

Dirinya meninggal pada 25 Agustus 2001 di Bahama karena kecelakaan.

Semasa hidupnya, ia tercatat memiliki tiga album, yakni Age Ain't Nothing but a Number (1994), One in a Million (1996), dan Aaliyah (2001).

Selain prestasinya di dunia musik dan film, kehadiran Aaliyah juga disorot media karena kehidupan pribadinya. Dirinya pernah diberitakan melakukan pernikahan ilegal dengan R Kelly tanpa sepengetahuan orang tuanya.

Saat itu, usia Aaliyah masih 15 tahun yang terbilang usia di bawah umur untuk menikah. Pernikahan itu kemudian dibatalkan oleh orang tua Aaliyah. Baik Aaliyah maupun R Kelly sempat membantah kabar tersebut.

Saat ini, hanya Age Ain't Nothing but a Number yang telah tersedia di layanan streaming musik. Album One in A Million mulai akan ada di layanan streaming pada 20 Agustus 2021 dan Aaliyah pada 10 September 2021.



Simak Video "SALACA Kerja Sama dengan ARENA, Akan Buat Festival Musik dan Film"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/mau)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT