Kolaborasi Yopie Item dan Idris Sardi di Panggung Cikini Hadir Digital

Tim Detikcom - detikHot
Rabu, 21 Jul 2021 11:05 WIB
Yopie Item Cs, Idris Sardi
Foto: dok. Aquarius Musikindo
Jakarta -

Album live yang diambil dari penampilan Yopie Item cs dan Idris Sardi di Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat pada 1977 silam dirilis dalam format digital.

Konser yang dirangkum dalam album live itu mengusung konsep penggabungan antara musik jazz dan rock yang diaminkan oleh Yopie Item (gitar), Abadi Soesman (kibor, moog synthesizers), Wempy Tanasale (bas elektrik), dan Karim Suweileh (drum). Band yang disebut Yopie Item Cs itu kemudian berkolaborasi dengan maestro biola Idris Sardi.

Pada masanya, kolaborasi Yopie Item Cs dan Idris Sardi itu disebut-sebut sebagai reuni. Sebab, Yopie Item dan Idris Sardi sebelumnya pernah tergabung dalam band bernama Eka Sapta.

Menurut siaran pers yang diterima detikcom, proses penggarapan album live tersebut melibatkan Alex Kumara sebagai penata suara. Setelah direkam secara langsung, audio dari album itu diperbaiki kembali di studio Tri Angkasa, Kebayoran, Jakarta Selatan oleh Yongki Mamahit.

"Upaya tersebut memang patut diberi jempol, mengingat betapa susahnya mencari hasil rekaman yang berkualitas untuk sebuah album live pada zaman itu," tulis keterangan dalam siaran pers yang diterima detikcom.

Ada sejumlah lagu yang terdapat dalam album tersebut. Di antaranya Layu Sebelum Berkembang karya A. Riyanto, Rindu karya Achmad Vadaq, ada pula lagu tradisional Jali Jali dan Es Lilin, serta lagu dari mancanegara, sebut saja My Funny Valentine, Black is Black, hingga Crosswind.

Pada 1977, album itu pernah dikirimkan oleh pihak label rekaman (saat itu Pramaqua) ke BBC London dan album itu pun disiarkan di stasiun penyiaran Inggris itu.

Album live itu pun pernah masuk dalam daftar 150 Album Terbaik Sepanjang Masa versi majalah Rolling Stone Indonesia.



Simak Video "Ivan Gunawan Gelar Vaksinasi Corona Gratis untuk Masyarakat Umum"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/tia)