Ratatata! Lagu Beggin yang Viral Ternyata Sudah Ada Sejak 1967

Dicky Ardian - detikHot
Minggu, 18 Jul 2021 10:03 WIB
ilustrasi menyanyi
Lagu Beggin yang Viral Ternyata Sudah Ada Sejak 1967. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

"I'm beggin', beggin' you. So put your loving hand out baby," lirik lagu itu begitu sering terdengar belakangan ini di media sosial. Kebanyakan orang menggunakannya sebagai latar musik konten mereka.

Yang dipakai adalah lagu berjudul Beggin dari band rock asal Italia, Maneskin. Lagu tersebut sebenarnya bukan lagu baru, tapi sudah dirilis pada 2017.

Kok bisa viral sekarang? Hal itu tidak lain atas jalan yang diberikan media sosial, terutama TikTok. Bahkan berkat platform tersebut, Beggin dari Maneskin merajai banyak tangga lagu dunia setelah empat tahun dirilis.

Di Spotify, Beggin menduduki puncak tertinggi daftar tangga lagu dunia. Lagu itu akhirnya juga mampu membawa Maneskin masuk ke Billboard Hot 100 sejak mereka lahir pada 2016.

Tapi TikTok bukan satu-satunya alasan Beggin versi Maneskin bisa hits. Band tersebut mulai mendapatkan perhatian sejak membawakannya di Eurovision Song Contest pada Mei 2021.

[Gambas:Youtube]

Tapi usia Beggin ternyata sudah lebih tua dari grup asal Roma tersebut. Lagu ini pernah dikenalkan oleh DJ asal Prancis, Pilooski, pada 2007.

Pada tahun yang sama, duo hip hop bernama Madcon juga membawakan ulang Beggin. Lagu itu kemudian dijadikan soundtrack film Step Up.

[Gambas:Youtube]

Tapi ternyata, Beggin sebenarnya sudah ada sejak 54 tahun lalu. Lagu tersebut diciptakan oleh Bob Gaudio dan Peggy Farina.

Beggin kemudian dirilis oleh band asal Amerika Serikat, Frankie Valli & The Four Seasons, pada 1967.

[Gambas:Youtube]

Dibandingkan dengan Maneskin, musik Beggin sebenarnya tidak jauh berbeda. Hanya saja, versi yang terbaru terdengar lebih kasar, karena suara Damiano David yang serak.

Dari sektor lirik dan makna, lagu tersebut tentu tidak berubah. Lagu Beggin bercerita mengenai jeritan hati seseorang yang sedang ada dalam kondisi terpuruk. Ia memohon agar pasangannya tidak pergi.

Beggin memang fenomenal. Lagu yang ada sejak 1967 didaur ulang pada 2007, kemudian dirilis lagi pada 2017, tapi hits pada 2021.

Beggin versi mana yang kamu suka?

(dar/mau)