Obituari

Aria Baron Tak Akan Lagi Kembali ke GIGI

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Selasa, 29 Jun 2021 12:03 WIB
Jakarta -

Tidak akan ada GIGI yang sekarang bila tak ada Aria Baron. Pada 1993, lima anak muda yang terdiri atas Thomas Ramdhan, Aria Baron, Armand Maulana, Dewa Budjana, dan Ronald Fristianto mendirikan sebuah band. Namun, band itu baru resmi berdiri sejak 1994.

Band itu kini dihuni oleh empat personel yakni, Armand Maulana (vokal), Dewa Budjana (gitar), Gusti Hendy (drum), dan Thomas Ramdhan (bass). Namun, Aria Baron tidak pernah benar-benar meninggalkan grup band itu.

Pada tahun ke-21 dari karier band tersebut, Aria Baron kembali menjadi keluarga besar GIGI. Bukan menjadi gitaris, melainkan sebagai manajer.

Dalam wawancara bersama band GIGI, mereka tidak menampik pergantian personel, termasuk keluarnya Aria Baron, sempat membawa band ke titik terendah. Pada 1997, mereka mau tak mau harus membuat album 2x2 hanya dengan dua anggota tetap, yakni Armand Maulana dan Dewa Budjana.

Penggarapan album itu kemudian dibantu oleh Opet Alatas pada posisi pemain bas dan Budhy Haryono sebagai pemain drum. Saat album itu digarap, Opet dan Budhy masih menjadi pemain tambahan (additional player) sebelum akhirnya menjadi personel tetap dan keluar dari band.

Aria Baron memutuskan keluar dari GIGI karena hendak melanjutkan pendidikan ke Negeri Paman Sam. Setelah lulus mengenyam pendidikan di Amerika Serikat, ia lalu membentuk NO! Band yang kemudian menjadi Baron Band.

Meski demikian, Aria Baron kemudian kembali ke GIGI ketika usia band itu menginjak angka 21 tahun. Ia tidak lagi bermain gitar dalam band itu, dirinya memilih menjadi manajer dari band tersebut.

Dalam sebuah wawancara di 2018, Armand Maulana mengatakan bergabungnya kembali Aria Baron ke GIGI adalah suntikan semangat bagi band.

"Belakangan Baron balik lagi ke GIGI meskipun bukan pemain tapi manajer. Tapi semangat kami ya tetap luar biasa," ungkap Armand.

Aria BaronAria Baron Tak Akan Lagi Kembali ke GIGI Foto: dok. Aria Baron

Bagi GIGI, mereka menjadikan band sebagai rumah untuk kembali. Oleh karena itu, para personelnya pun sepakat tidak akan menganggap satu sama lain sebagai personel maupun mantan personel.

"Mereka yang sekarang dibilang eks itu nggak ada karena mereka adalah bagian yang sangat-sangat penting di GIGI sampai saat ini," ujar Thomas Ramdhan.

Namun, ada kalanya seseorang pergi untuk kembali, ada pula saat lainnya ketika seseorang pergi dan tidak akan pernah kembali. Aria Baron pernah menjadi keduanya.

Aria Baron Suprayogi Arafat, begitu nama panjangnya, pernah pergi meninggalkan posisinya sebagai gitaris dan kembali lagi pada GIGI dengan tugas yang lain. Kini, dirinya pergi dan tidak akan kembali.

Sang gitaris senior Tanah Air itu meninggal dunia pada Selasa, 29 Juni 2021 pukul 10.15 WIB di RSPAD, Jakarta, setelah berjuang melawan COVID-19.

Kini dirinya tak akan lagi kembali pada band yang membesarkan namanya itu. Meski demikian, karya dan dedikasinya pada GIGI akan selalu hidup selamanya dalam tubuh band tersebut.

Selamat jalan, Aria Baron. Beristirahatlah dengan tenang!

(srs/dar)