Bikin Musik Manfaatkan Teknologi, Vidi Aldiano: Lebih Mudah dan Murah

Abu Ubaidillah - detikHot
Jumat, 28 Mei 2021 21:57 WIB
Vidi Aldiano
Foto: Astra International
Jakarta -

Penyanyi Vidi Aldiano mengaku pembuatan musik saat ini lebih mudah dan murah. Hal ini dikarenakan perkembangan teknologi yang telah masuk ke industri musik.

"Dengan teknologi, pertama akan sangat amat lebih mudah, kedua, sangat amat lebih murah. Karena aku pun ngerasa dulu bikin musik rasanya sangat amat mahal, sekarang sangat amat murah, karena even pakai handphone aja orang sudah bisa bikin karya yang bagus," katanya dalam dalam acara 'Dampak Positif Penggunaan Teknologi' di channel YouTube SATU Indonesia, Jumat (28/5/2021).

Tidak hanya lebih mudah dan lebih murah, perkembangan teknologi juga membuat karya musik yang diciptakan lebih mudah menyebar ke seluruh dunia. Menurutnya, saat ini ada banyak karya musik musisi lokal yang diperdengarkan di panggung dunia berkat pemanfaatan teknologi.

"As simple as sekarang, lu bisa bikin musik di kamar lu, tapi yang mendengarkan nggak cuma satu RT doang tapi bisa satu dunia," lanjutnya.

Maka dari itu, Vidi mengingatkan bagi yang ingin berkarya agar tidak menjadikan apapun sebagai alasan. Pasalnya dengan teknologi, seseorang bisa sangat terbantu dan pada akhirnya tinggal kemauan dari orang tersebut untuk menciptakan karya, mau atau tidak.

Vidi pun mengakui dengan teknologi pula ia terbantu untuk bisa menyebarkan karya-karyanya kepada orang lain. Meskipun saat ini dirinya tidak mendapatkan tawaran untuk melakukan konser yang dihadiri secara fisik seperti ketika sebelum pandemi.

Senada dengan Vidi, Pakar Teknologi Informasi Indonesia, Onno W Purbo menjelaskan berdasarkan pengalamannya sendiri, untuk membuat karya misalnya video di channel YouTube tidak perlu menggunakan barang yang canggih atau mahal. Menurutnya yang penting membuat karya dulu, lalu upload.

Ia juga menjelaskan penggunaan teknologi di masa sekarang harus bisa memberi manfaat kepada masyarakat luas. Sebab jika teknologi digunakan untuk hal negatif, itu akan membuat hidup orang tersebut maupun dampaknya bagi yang lain juga tidak akan baik.

Onno pun mengapresiasi Astra International yang menyelenggarakan SATU Indonesia Awards, sebuah penghargaan yang diberikan kepada anak bangsa yang dapat memberi manfaat kepada masyarakat. Manfaat tersebut meliputi bidang bidang kesehatan, pendidikan, lingkungan, kewirausahaan, teknologi, serta satu kategori kelompok yang mewakili 5 bidang tersebut.

Juri SATU Indonesia Awards tersebut mengaku jarang event seperti yang diselenggarakan Astra International ini dilakukan. Bahkan ia mengatakan banyak manfaat-manfaat teknologi anak muda yang bagus-bagus sehingga ia dan juri lain kesulitan memilih pemenangnya, dan jika apa yang dikerjakan anak-anak muda tersebut bisa dikasih tahu ke satu republik, ia yakin republik ini akan 'terbang'.

Sebagai informasi, penerima apresiasi pada masing-masing kategori tersebut akan dana bantuan kegiatan Rp 60 juta. Adapun pendaftaran Satu Indonesia Awards 2021 masih dibuka sejak 2 Maret-2 Agustus 2021 dan informasi lengkapnya bisa dilihat di di www.satu-indonesia.com.

(ega/ega)