Bassist Megadeth Dipecat Karena Pelecehan Seksual

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Selasa, 25 Mei 2021 21:40 WIB
Megadeth di Hammersonic 2017.
Megadeth. Foto: Hanif Hawari/detikHOT
Jakarta -

Megadeth memecat pemain bass mereka, David Ellefson. Pemecetan itu dikarenakan adanya kasus pelecehan seksual yang tengah menjerat sang musisi.

David Ellefson adalah salah satu personel awal Megadeth yang turut mendirikan band beraliran metal tersebut. Dengan dipecatnya ia dari band, berarti ia telah dikeluarkan oleh band yang dibentuknya.

Hal tersebut diumumkan oleh Megadeth di akun media sosialnya. Dalam keterangannya, band asal Amerika Serikat itu mengakui mengeluarkan David Ellefson bukanlah keputusan mudah.

"Kami memberitahukan pada para penggemar bahwa David Ellefson tidak lagi bermusik bersama Megadeth dan secara resmi bukan lagi bagian dari kami. Keputusan ini tidak mudah," tulis Megadeth.

Pihak band mengakui mereka memang tidak mengetahui secara rinci kronologi kasus pelecehan seksual yang dilakukan oleh David Ellefson. Namun, mereka tidak membuat pengecualian akan hal tersebut.

Bagi mereka, apa yang terjadi telah membulatkan tekad band untuk mengeluarkan David Ellefson.

"Meskipun kami tidak mengetahui secara rinci apa yang terjadi, dengan hubungan yang menegang, dengan apa yang telah terungkap saat ini rasanya sudah cukup untuk membuat keputusan bahwa kami tidak lagi mungkin dapat bekerja sama di waktu mendatang," sambung mereka.

Dalam keterangannya, Megadeth melanjutkan, "Kami tidak sabar untuk dapat bertemu para penggemar pada musim panas ini dan kami tidak sabar untuk membagikan musik kami pada dunia. Hampir rampung."

[Gambas:Instagram]



Keterangan itu ditandai oleh Dave Mustaine yang merupakan pentolan dari band yang terbentuk pada 1983 tersebut.

Belum lama ini, David Ellefson diduga melakukan pelecehan seksual secara daring (online) pada anak di bawah umur. Namun, menurut The Guardian, di akun Instagram-nya yang kini telah dikunci, Ellefson pernah membuat bantahan terkait hal tersebut.

Sebelum mengeluarkan David Ellefson, Megadeth pernah menanggapi isu tersebut meski tidak secara terang-terangan. Saat itu, pihak band mengaku tengah memantau perkembangan kasus tersebut.

"Kami menyadari adanya pernyataan belakang mengenai David Ellefson dan kami tengah memantau perkembangannya secara seksama," tulis mereka.

Mereka menyambung, "Bagaimana pun, itu jelas merupakan ranah privat dari kehidupan David yang harus ia jaga sendiri."

Saat itu, Megadeth mengatakan tak mau gegabah mengambil keputusan sambil terus menunggu perkembangan dari kasus tersebut.

"Sebagaimana situasi yang terungkap, semua suara harus didenger secara seksama dan dihargai. Kami mencoba mencari tahu kebenaran hingga terang," sambung band kala itu.



Simak Video "Penampilan Megadeth yang Memukau di Yogyakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/ass)