Kabar Baik! Amerika Serikat Bakal Izinkan Konser dalam Ruangan

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Selasa, 06 Apr 2021 07:02 WIB
Ilustrasi festival musik
Amerika Serikat bakal buka izin konser / Foto: Getty Images
Jakarta -

Konser dalam ruangan tampaknya bakal segera dapat diadakan di Amerika Serikat, khususnya di wilayah California. Hal itu karena suksesnya program vaksinasi berjalan di daerah tersebut.

Dikutip dari NME, Senin (5/4/2021), per 15 April 2021, konser dalam ruangan, acara olah raga, konferensi dan pertunjukan teater boleh diadakan kembali di area yang telah ditentukan.

Dalam dokumen perencanaan ekonomi California bernama Blueprint for a Safer Economy dijelaskan area di wilayah tersebut akan dibagi menjadi tiga zona, yakni merah, oranye dan kuning. Penetapan zona tersebut bergantung dari angka kasus COVID-19.

Kapasitas maksimum untuk mengadakan kegiatan bakal ditentukan oleh berada di zona mana tempat berlangsungnya acara tersebut.

Untuk mengadakan acara di kawasan zona merah, tempat dengan maksimal kapasitas 1.500 orang hanya diperbolehkan terisi sebanyak 10 persen. Sedangkan tempat dengan kapasitas di atas 1.500 orang diperbolehkan diisi hingga 20 persen.

Dr. Tomas Aragon dari kantor kesehatan publik California menyebutkan, pengunjung yang ingin dapat ke suatu acara diwajibkan membawa bukti bahwa mereka telah melakukan vaksinasi virus COVID-19. Dia juga mengungkapkan nantinya digitalisasi diharapkan menjadi solusi.

Keputusan untuk diperbolehkannya konser dalam ruangan ditetapkan menyusul dengan perkembangan laju vaksinasi di California yang terbilang pesat.

Per 2 April 2021, setidaknya ada 18 juta orang telah mendapatkan vaksinasi dengan jumlah kasus Corona di hari itu sebanyak 2.414 kasus.

Pekan lalu, Gubernur New York Andrew Cuomo juga telah mengumumkan peluncuran paspor vaksin digital baru dalam upaya untuk memulai kembali kegiatan secara langsung dengan aman di negara bagian AS.

Sebelumnya, Spanyol juga telah melakukan percobaan agar industri pertunjukan musik dapat kembali menggeliat. Pada Sabtu, 27 Maret 2021, ada 5.000 orang yang hadir dalam sebuah konser percobaan di Barcelona.

Konser tersebut menampilkan band rock asal Spanyol, Love of Lesbian dan diadakan di area Palau Sant Jordi. Konser itu disebut-sebut sebagai pertunjukan musik terbesar di Eropa sejak pandemi virus COVID-19 berlangsung sejak tahun lalu.

Semua orang yang hadir dalam konser tersebut datang dengan izin dari pemegang otoritas kesehatan di Spanyol. Sebelum datang ke area konser, mereka pun melakukan pengecekan dan tes COVID-19 terlebih dahulu di tiga titik di Barcelona.

Simak juga 'Spanyol Eksperimen Konser Offline untuk Uji Intensitas Penularan COVID-19':

[Gambas:Video 20detik]



(srs/doc)