4 Hal yang Cuma Ada di Grammy Awards 2021

Dicky Ardian - detikHot
Senin, 15 Mar 2021 11:43 WIB
LOS ANGELES, CALIFORNIA - MARCH 14: Beyonc accepts the Best Rap Song award for Savage onstage during the 63rd Annual GRAMMY Awards at Los Angeles Convention Center on March 14, 2021 in Los Angeles, California.   Kevin Winter/Getty Images for The Recording Academy/AFP (Photo by KEVIN WINTER / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)
Beyonce pecahkan rekor di Grammy Awards 2021. Foto: Getty Images via AFP/KEVIN WINTER
Jakarta -

Grammy Awards 2021 baru saja selesai digelar. Sejumlah momen penting tercatat atas gelaran ini.

Berikut adalah 4 hal yang cuma ada di Grammy Awards 2021.

1. Tanpa Penonton

Untuk pertama kalinya, Grammy Awards digelar tanpa hadirnya penonton. Hal ini dilakukan karena pandemi COVID-19 yang belum juga selesai.

Recording Academy sebagai penyelenggara pun coba beradaptasi. Jadwal yang semula berlangsung pada Januari 2021, harus mundur hingga 15 Maret 2021.

Adaptasi lain juga dilakukan oleh pengisi acara dan musisi yang hadir. Mereka wajib mengenakan masker dan berjaga jarak satu sama lain.

Bukan cuma itu, semua penari latar dan band juga tampak mengenakan masker di atas panggung.

2. Biaya Bengkak

Digelar tanpa penonton bukan berarti Recording Academy bisa berhemat. Bahkan Grammy Awards 2021 disebut menelan biaya yang lebih besar.

"Ya ampun, biayanya jauh lebih mahal dari biasanya! Saya tidak memiliki angka pastinya, tetapi protokol COVID-19 saja sudah jutaan dolar, dan ada hal lain juga yang berperan, kami mencoba menghadirkan banyak ruang dan banyak jarak untuk pertunjukan, saat saya menyebut protokol COVID-19, tentu itu untuk tes pengujian," kata CEO Recording Academy, Harvey Mason jr.

3. Nominasi Best Rock Didominasi Perempuan

Kategori Best Rock Performance diisi oleh musisi perempuan atau band yang kepalai perempuan.

Nominasi itu diisi oleh Fiona Apple dengan Shameika, Big Thief dengan Not, Phoebe Bridgers dengan Kyoto, HAIM dengan The Steps, Brittany Howard dengan Stay High, dan Grace Potter dengan Daylight.

4. Beyonce Pecahkan Rekor

Beyonce menjadi sorotan dalam gelaran Grammy Awards 2021. Ia meraih sembilan nominasi, dan putrinya, Blue Ivy, mendapatkan empat nominasi.

Nama Beyonce sudah empat kali dipanggil sebagai pemenang. Hal itu membuat dirinya menjadi musisi paling banyak membawa pulang piala di Grammy Awards 2021.

Hasil itu juga membuat nama Beyonce masuk ke dalam sejarah Grammy. Ia saat ini adalah musisi wanita dengan piala Grammy Awards terbanyak sepanjang masa.

Saat ini, Beyonce mampu mengoleksi total 28 piala Grammy. Sebelumnya gelar dipegang oleh Alison Krauss dengan 26 piala.

(dar/dar)