BTS Gagal Bawa Pulang Piala Grammy

Tim detikcom - detikHot
Senin, 15 Mar 2021 08:55 WIB
Gaya BTS Kenakan Hanbok Saat Imlek
BTS jadi boyband K-Pop pertama yang dinominasikan di Grammy. (Foto: Dok. BigHit Entertainment)
Jakarta -

BTS mengukir sejarah buat panggung K-Pop dengan masuk nominasi di Grammy Awards 2021. Disejajarkan dengan Lady Gaga, Ariana Grande, Justin Bieber, hingga Taylor Swift, BTS masuk ke nominasi Best Pop Duo/Group Performance.

Pengumuman pemenang buat nominasi ini dilakukan lebih awal dari gelaran utama Grammy Awards 2021. Kategori Best Pop Duo/Group Performance dimenangkan oleh Lady Gaga dan Ariana Grande buat lagu kolaborasi mereka yang berjudul Rain On Me.

Lady Gaga dan Ariana Grande mengalahkan deretan nama-nama besar lainnya termasuk BTS, Taylor Swift, Dua Lipa, dan Justin Bieber. BTS sendiri dinominasikan buat Grammy tahun ini berkat lagu Dynamite yang menjadi perilisan terbesar mereka tahun 2020 lalu.

Meski belum berhasil mendapat piala di Grammy Awards 2021 yang jadi ajang pertama mereka, BTS tetap berbangga. Mereka adalah boyband K-Pop pertama dalam sejarah musik pop Korea Selatan yang masuk ke dalam nominasi. Tahun ini mereka juga diberikan panggung khusus buat tampil.

"Rasanya terhormat sekali bisa jadi bagian dari malam penghargaan yang luar biasa ini. Banyak musisi yang berkarya dengan karya musik yang beragam bisa dinominasikan di sini," ungkap RM dalam wawancara jelang Grammy Awards yang digelar 14 Maret 2021 atau 15 Maret 2021 waktu Asia Pasifik dengan Giuliana Rancic dari E!News.

Pencapaian BTS hingga Grammy merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa. Tak hanya buat grup asuhan Big Hit Entertainment itu, tapi juga buat industri musik K-Pop secara keseluruhan. BTS senang karena kini budaya dari Korea Selatan lebih dikenal berkat musik mereka.

Sebelumnya, album tersebut juga sudah mencatat prestasi internasional di Billboard. Lagu Dynamite sendiri juga memecahkan beberapa rekor internasional.

Di antaranya rekor Guinness World Records yaitu sebagai music video yang paling banyak ditonton, video YouTube terbanyak ditonton, dan MV K-Pop terbanyak ditonton selama 24 jam pertama dengan jumlah 101,1 juta penonton.

(aay/dar)