Bedah Cara Bikin Lagu bersama Melly Goeslaw hingga Yovie Widianto di d'HOT Music Day 2021

Asep Syaifullah - detikHot
Selasa, 09 Mar 2021 14:44 WIB
Sesi dHitsmaker di dHot Music Day
Foto: dok. detikcom
Jakarta -

Acara d'HOT Music Day resmi dimulai pada Selasa (9/3) dengan menampilkan Melly Goeslaw, Bebi Romeo, Yovie Widianto dan Pongki Barata dalam sebuah segmen d'Hitsmaker.

Empat maestro di dunia musik Tanah Air tersebut menceritakan bagaimana pengalaman mereka dan suka duka kala berkarier di industri musik Indonesia hingga bisa menjadi komposer hebat.

Dipandu oleh Sandy Pas Band dan Indra The Rain, acara dimulai sejak pukul 14.00 WIB di detikcom dalam rangka memperingati Hari Musik Nasional yang jatuh pada tanggal 9 Maret.

"Mungkin ada yang belum tahu kenapa Hari Musik Nasional jatuh pada tanggal 9 Maret, karena itu merupakan hari lahirnya WR Supratman," buka Sandy di acara tersebut.

Drummer Pas Band itu pun sedikit membahas sedikit mengenai kisah para komposer yang menurutnya telah menciptakan begitu banyak karya yang mewarnai belantika musik Tanah Air.

Obralan mereka pun berlangsung hangat dan mengasyikan, seperti saat membahas kenapa Pongki memakai kacamata hitam di video klip Maaf dari Jikustik yang dijawabnya sebagai sebuah kamuflase dan trend di era 90'an.

Menurut Indra dan Sandy, menjadi hitmaker bukanlah sebuah predikat yang bisa didapatkan dengan mudah. Ada perjalanan panjang yang harus dilalui hingga bisa berada di posisi tersebut.

Menurut Pongki dirinya selalu menjadikan beberapa rekan musisi seperti Melly atau Yovie sebagai acuan untuk menghasilkan lagu-lagu yang hits, meskipun tak ada pola yang pasti untuk membuat lagu yang laris manis tersebut.

Melly Goeslaw pun menceritakan kisahnya hingga bisa dikenal sebagai pencipta lagu meskipun tak bisa memainkan alat musik. Padahal ia sempat minta untuk diajari main alat musik, namun hal itu urung dilakukan karena ketidaktahuannya tersebut justru menjadikan musik pada karyanya terdengar berbeda dari lainnya.

"Ya waktu dulu mulai kepikiran bikin lagu setelah mendengar Eyang Titiek Puspa juga nggak bisa main musik. Ya karena sudah 26 tahun sama Mas Anto ya ketebak lah pasti chordnya, pasti di situ-situ aja. Dulu pernah minta belajar main keyboard, tapi kata mas Indra Lesmana nggak usah," tutur Melly Goeslaw.

Berbicara soal momen menciptakan lagu, para komposer tersebut ternyata tak mencapai kata sepakat. Ada perbedaan antara mereka soal waktu dan kondisi saat menciptakan sebuah lagu.

Penasaran dengan obrolan mereka? Langsung saksikan obrolan hangat penuh ilmu dari para hitmakers di d'HOT Music Day 2021 di detikcom!



Simak Video "Lihat Lagi Aksi Melly Goeslaw hingga Isyana di d'Hot Music Day 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/srs)