Perjalanan Sabyan Gambus, Grup Musik Islami yang Banyak Penggemar

Nanda Alifah - detikHot
Jumat, 19 Feb 2021 13:36 WIB
Sabyan Gambus
Sabyan Gambus Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Grup musik Sabyan Gambus kini ramai dibahas netizen karena isu perselingkuhan yang diduga dilakukan oleh Nissa dan Ayus. Sebelum isu ini, Sabyan Gambus memang sudah lebih dulu terkenal.

Kehadiran grup musik Sabyan Gambus menjadi salah satu band religi cukup fenomenal di Indonesia. Mengusung musik pop religi, lagu-lagu Sabyan Gambus meraih suksesan dan membuat para personelnya mendulang popularitas.

Awal Perjalanan Sabyan Gambus

Sabyan Gambus didirikan sejak awal 2017. Berawal dari sering mengisi acara pernikahan hingga akhirnya memilih YouTube sebagai media promosi mereka.

Anggota grup musik Sabyan Gambus, yakni Anisa Rahman (vokal dua), Ahmad Fairuz alias Ayus (keyboardis), Sofwan Yusuf alias Wawan (perkusi), Kamal (darbuka), dan Tubagus Syaifullah alias Tebe (biola).

Album pertama mereka dirilis pada 23 Mei 2018 yang bertajuk Ya Maulana. Mereka juga sering mengcover lagu-lagu Islami, salah satu lagu coveran mereka yang viral adalah Istri Rasullah.

Selain Ya Maulana dan Istri Rasullah lagu-lagu yang pernah dibawakan Sabyan Gambus antar lain Deen Assalam, Ya Jamalu, Law Kana Bainanal Habib, Ya Habibal Qolbi, Rahman ya Rahman, Ya Asyiqol Musthofa, Ahmad Ya Habibi, Ya Taiba, Qomarun, dan Assalamualaika ya Rasulullah.

Dijadikan Sebuah Film

Saat ini, Sabyan Gambus pun banyak memiliki penggemar dan penampilan panggungnya kerap ditunggu. Bahkan kisah perjalanan grup musik Sabyan Gambus telah dijadikan sebuah film.

Putut Wijanarko, Produser Millenial Pictures mengungkapkan, kisah perjalanan Group religi Sabyan, menarik untuk dituangkan ke media layar lebar.

Sabyan GambusSabyan Gambus Foto: Muhammad Ridho

Amin Ishaq sebagai sutradara mengatakan bila kisah yang ditawarkan dalam Sabyan: Menjemput Mimpi sebanyak 80 persen diadopsi dari kisah nyata. Sisanya mungkin sedikit didramatisasi namun tidak dibuat melenceng dari apa yang sebenarnya terjadi.

Seluruh personel Sabyan bermain dalam sebuah film musikal berjudul Sabyan: Menjemput Mimpi. Film Sabyan: Menjemput Mimpi menceritakan kisah perjalanan karier grup yang mencuri perhatian publik melalui video di YouTube.

Film ini pun telah tayang di bioskop pada 27 Juni 2019 lalu.

Hanya Tersisa Tiga Personil

Saat baru perilisan film Sabyan: Menjemput Mimpi, Sabyan Gambus malah dihantam masalah lantaran ditinggal dua personelnya. Mereka adalah Anisa Rahman dan Tubagus Syaifulloh alias Tebe.

Dengan hengkangnya Tebe dan Anisa Rahman langsung dibenarkan oleh Ahmad Ayus selaku keybordist dari Sabyan Gambus.

"Iya benar (mereka hengkang)," ujar Ahmad Ayus saat dijumpai di Gala Premier Film Sabyan Menjemput Mimpi di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (20/6/2019) malam.

Terkait dengan hengkangnya Anisa dan Tebe, Ayus mengakui tak ada sesuatu yang berubah dari Sabyan Gambus. Hanya saja mereka bakal memanfaatkan kemampuan dari para personel tersisa.

Sementara Nissa selaku vokalis yang menanggapi soal hengkangnya dua personel itu menyebut apabila mereka sudah memiliki kesibukan. Tetapi baik para personel Sabyan Gambus masih menjalin hubungan baik.

Sofwan Yusuf pun juga menyusul kedua personil lainnya untuk hengkang dari Sabyan Gambus. Dan kini, Sabyan Gambus pun hanya tersisa tiga personil, yaitu Nissa, Ayus, dan Kamal.

Penghargaan Sabyan Gambus

Sabyan Gambus tentu saja pernah menerima beberapa penghargaan. Di antaranya pada ajang penghargaan Anugerah Musik Indonesia 2018 dan 2019 sebagai Karya Produksi Lagu Berlirik Spiritual Islami Terbaik dan Pendatang Baru Paling Ngetop di ajang penghargaan SCTV Music Awards 2019.

(dar/dar)