Rendy Pandugo Cerita Perubahan Tema Lirik Lagu

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Minggu, 03 Jan 2021 20:03 WIB
Rendy Pandugo kembali dengan lagu Mr. Sun.
Rendy Pandugo menceritakan perubahan tema dalam lirik-lirik lagu yang dibawakannya. (Foto: dok. Rendy Pandugo)
Jakarta -

Rendy Pandugo menunjukkan perubahan yang signifikan terkait tema yang dia usung dalam lirik lagunya. Di awal karier, dia mengeluarkan I Don't Care yang terdengar bagai curahan kemarahannya pada kisah cinta yang berakhir, sedangkan lagu-lagunya kini berbicara hal yang lebih menyinggung persoalan sehari-hari, sebut saja kerinduan akan rumah (Home) hingga rasa terima kasih pada matahari (Mr. Sun).

Menurut Rendy Pandugo, dirinya saat ini memang lebih banyak terinspirasi oleh hal-hal yang ada di sekitarnya. Pria kelahiran 7 Mei 1985 itu mengaku hal itu sebagai bagian dari pendewasaan bermusiknya.

"Memang ada perubahan dari segi cerita-cerita yang gue suguhkan. Karena gue nggak mau stuck di situ aja. Mungkin lebih dewasa aja sih dalam memberikan cerita-cerita atau menyuguhkan cerita-cerita yang ada di lagu gue, gue lebih mencari suatu hal yang real untuk diceritakan," ujar dia dalam wawancara virtual dengan detikcom, baru-baru ini.

"Mungkin lebih meng-capture moment yang true story instead of gue mengarang indah, yang sekarang ini prosesnya ini gue melihat apa yang bisa gue ceritakan di sekitar dan yang bisa relate juga ke banyak orang," sambung dia.

Dengan perubahan itu, Rendy Pandugo merasa lebih nyaman. Sejak bercerita hal-hal yang nyata terjadi, ia merasa proses penulisan lagunya lebih mengalir.

Hanya saja, menurut Rendy Pandugo, ia harus pintar-pintar memilih cerita apa yang akan dia angkat dalam lagunya. Sebab tidak semua kisah personal yang ia alami dapat membuat penggemarnya merasa terhubung.

"Sebenernya lebih enak yang ada ceritnya. True story lebih enak ceritanya, tergantung lo mau ngebawa ke yang mana," kata dia.

"Itu challenge gue gimana caranya gue memilih banyak cerita yang bisa relate ke banyak orang juga. Jadi mereka lebih bisa mendengarkan secara khidmat," ungkapnya lagi.

(srs/aay)