10 Lagu Terhot di 2020

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Rabu, 30 Des 2020 10:53 WIB
Top 10 lagu detikhot
Ilustrasi top 10 lagu terhot. Foto: detikcom

Bertemu - Maliq & D'Essentials

Di tahun ini, grup musik Maliq & D'Essentials menginjak usia ke-18 tahun. Sebagai bentuk perayaannya mereka mengeluarkan mini album Raya dalam tiga babak.

Bertemu merupakan salah satu lagu ada dalam Raya Part I yang rilis pada Agustus 2020. Bersamaan dengan Bertemu, dikeluarkan pula Memori dalam babak pertama Raya.

Maliq & D'EssentialsMaliq & D'Essentials. Foto: dok internet

Proyek musik Raya berisikan lagu-lagu yang ditulis oleh para personel Maliq & D'Essentials selama menjalani karantina di masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) selama pandemi.

Tidak perlu terlalu banyak alasan khusus untuk memasukan Bertemu dalam daftar ini. Sederhana saja, Bertemu adalah karya yang kuat. Lagu itu terdengar begitu segar dan menghibur.

Cuek - Rizky Febian

Di tahun ini, Rizky Febian membuat sejumlah gebrakan, salah satunya adalah merintis label rekaman secara mandiri dan mengeluarkan trilogi Garis Cinta. Cuek adalah lagu pembuka dari trilogi tersebut, kemudian diikuti oleh Mantra Cinta dan Makna Cinta.

Reff dari Cuek dengan lirik, "Mana ada aku cuek // Apalagi gak mikirin kamu // Tiap pagi malam ku s'lalu // Memikirkan kamu," bagaikan 'racun' yang membuat kerap kali terngiang di kepala mereka yang mendengarkan dengan nada vokal dan musik latar yang menarik.

Rizky FebianRizky Febian. Foto: Rizky Febian

Kehadiran Anya Geraldine sebagai bintang video klip tidak bisa dipungkiri juga menjadi magnet tersendiri dari proyek musik Rizky Febian di tahun ini.

Di 2020, Rizky Febian juga membawa pulang piala Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2020 dan Pahlawan Musik Lokal 2020. Dia juga menjadi artis pria nomor empat dari daftar musisi yang paling banyak didengarkan tahun ini versi JOOX.

12 Tahun Terindah - Bunga Citra Lestari

Penggemar Bunga Citra Lestari pasti tahu, tahun ini begitu berat untuk dilalui oleh penyanyi dan juga aktris tersebut. Di awal tahun, perempuan yang dikenal dengan singkatan nama BCL itu kehilangan suaminya Ashraf Sinclair yang meninggal dunia pada 18 Februari 2020.

Cuplikan video klip 12 Tahun Terindah dari Bunga Citra Lestari (BCL).Cuplikan video klip 12 Tahun Terindah dari Bunga Citra Lestari (BCL). Foto: dok. Bunga Citra Lestari

Dia pun mencurahkan rasa rindu dan kehilangannya lewat lagu berjudul 12 Tahun Terindah. Bunga Citra Lestari dibantu oleh Ifa Fachir untuk mengolah isi hatinya menjadi lagu.

Selain dibantu Ifa Fachir, Bunga Citra Lestari juga turut melibatkan oleh Andi Rianto yang dipercaya mengisi piano.

Bagimu - Iwan Fals, Syarikat Idola Remaja

Musikus legendaris, Iwan Fals, berkolaborasi dengan super grup Syarikat Idola Remaja yang beranggotakan gabungan musisi dari sejumlah unit musik asal Bandung, terdiri dari Sendy Novian, Dimas Wijaksana, Yaya Risbaya, Arum Tresnaningtyas, Fariz Alwan, Ferry Nurhayat, Jon Kastella, ZuIqi Lael, dan Yudhaswara. Kerja sama antara Iwan Fals dan Syarikat Idola Remaja melahirkan single berjudul Bagimu.

Iwan Fals saat perayaan ultah ke-59 tahun dan 45 tahun berkaryaIwan Fals saat perayaan ultah ke-59 tahun dan 45 tahun berkarya Foto: Iwan Fals/ Khas Studio

Bagimu adalah lagu yang mula-mula berasal dari puisi yang dibacakan Iwan Fals di salah satu acara amal di stasiun televisi swasta. Puisi yang ditulis oleh Indra Mulyanto itu kemudian dirombak ulang sehingga tercipta lah lagu Bagimu.

Lagu yang diproduseri oleh Cikal itu dipersembahkan Iwan Fals dan Syarikat Idola Remaja untuk para tenaga medis dan para pejuang garda depan dalam menghadapi pandemi virus Corona.

Unlock the Key - Isyana Sarasvati

Isyana Sarasvati di tahun ini keluar dari label yang menaunginya dan merintis label rekaman secara mandiri bernama Redrose Records. Menandai hal itu, dia mengeluarkan single bertajuk Unlock the Key.

Isyana SarasvatiIsyana Sarasvati. Foto: Hanif Hawari

Perempuan kelahiran 2 Mei 1993 itu mengungkapkan, lagu Unlock the Key adalah luapan emosi dan sisi lain dirinya yang hanya dapat ia sampaikan melalui musik.

Dia menulis lagu itu bersama dengan Kenan Loui. Terdapat instrumen piano yang kental khas Isyana dalam lagu itu. Selain itu terdapat pula bebunyian string section dalam aranasemennya.


(srs/dar)