Fiersa Besari Berhenti Bermusik?

Tim Detikcom - detikHot
Rabu, 02 Des 2020 06:30 WIB
Fiersa Besari
Fiersa Besari. Foto: Istimewa/ dok. Wellborn
Jakarta -

Musisi dan penulis Fiersa Besari belakangan dikabarkan mundur dari dunia musik. Tetapi kabar itu dibantah olehnya, pelantun Celengan Rindu itu mengatakan dirinya hanya beristirahat sejenak dari panggung musik agar dapat lebih fokus membuat karya.

"Kalau boleh sedikit menengahi, saya bukan total berhenti main musik, tapi saya hanya berhenti manggung. Saya merasa saya terlalu asyik sama manggung sampe lupa proses berkarya, proses membuat musiknya," ujar dia dalam konferensi pers virtual, Selasa (1/12/2020).

Fiersa Besari menjelaskan, menurutnya menjadi musisi bukan sekadar tampil dari panggung ke panggung. Proses menulis lagu menjadi sesuatu yang lebih dia nikmati ketimpang tampil di depan publik.

Dia pun mengatakan, untuk memperoleh inspirasi membuat lagu, dirinya butuh untuk mendekatkan diri dengan alam. Itu yang membuat dirinya memutuskan beristirahat sejenak untuk mendaki gunung hingga niat untuk berkarya kembali terkumpul.

"Berkarya itu bagaimana kita mencurahkan hati kita sampai lagu itu jadi. Proses berkarya saya itu nggak bisa lepas dari kegaiatan di alam terbuka, karena ada banyak inspirasi yang bisa kita dapat dari berdekatan dengan alam kalau bagi saya," tutur Fiersa.

Pada kesempatan yang sama, Fiersa Besari juga cerita mengenai proses pembuatan lagu yang ia lakukan. Menurut dia, dalam berkarya, ia lebih memilih membuat lagu sesuai dengan kata hatinya. Dirinya juga membebaskan para pendengarnya untuk menilai karya musiknya.

"Karya itu kan muncul ketika kita bisa menjadi diri sendiri. Seperti saya suka menulis, bikin lagu," kata dia.

Pria kelahiran 3 Maret 1984 itu melanjutkan, "Susah juga pgn bikin karya yang disukai semua orang, sebisa mungkin nunjukkin ini saya. Tapi yang paling penting kalau ada satu orang yang harus menyukai karya kita ya diri kita sendiri."

"Kita kan nggak bisa meminta seluruh dunia suka sama kita, berarti wajar aja kalau kita membuat karya ada yang nggak suka. Karya yang baik bukan hanya dipuji, tapi dikaji," sambung dia.

Sebelumnya, Fiersa Besari berkolaborasi dengan Wellborn dalam program bernama KREASLI. Dalam kerjasama itu, Wellborn meluncurkan lima desain produk yang terinspirasi dari Fiersa Besari.

Selain Fiersa Besari, Wellborn juga mengajak Isyana Sarasvati, Vicky Mono, Rocket Rockers, Feel Koplo, Buluk Superglad dan lain-lain dalam KREASLI.



Simak Video "Akun Fiersa Besari Paling Ngetop di Twitter Indonesia 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/ass)