Pongki Barata Buka Suara soal Lagunya yang Dicuri

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Selasa, 17 Nov 2020 17:23 WIB
Pongki Barata The Dangerous Band
Pongki Barata (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Musisi dan pencipta lagu Pongki Barata baru-baru ini mengeluhkan lagu ciptaannya diambil tanpa izin dan dimasukkan dalam platform streaming musik digital.

Terkait hal itu, Pongki Barata pun buka suara. Menurut Pongki, ada dua kejadian yang berbeda dalam pencurian lagunya itu. Mula-mula seseorang meminta izin kepadanya untuk membawakan kembali lagu itu sebagai cover di YouTube.

Pongki Barata dan penyanyi cover yang mengunggah lagunya di YouTube sudah bersepakat. Tapi audio dari lagu yang di-cover di YouTube itu diunduh dan dimasukkan ulang ke platform streaming tanpa seizin Pongki dan penyanyi cover.

"Ada dua situasi yang berbeda. Jadi ada yang meng-cover lagu saya, yang cover sudah beres di YouTube. Dia sudah izin. Ternyata audionya ada yang memasukkan lagunya ke Spotify," ujar Pongki kepada detikHOT melalui sambungan telepon, Selasa (17/11/2020).

Menurut dia, ada dua bentuk pencurian karya yang terjadi dalam kasus tersebut. Pertama, karya itu dicuri dari video cover lagu yang diunggah di YouTube. Kedua, sebagai pencipta lagu, Pongki juga tidak dimintai izin terkait beredarnya lagu itu di platform streaming.

"Bentuk pencuriannya, audio itu adalah milik saya dan teman saya yang meng-cover. Lalu, saya sebagai pencipta lagu juga tidak dimintai lisensi. Padahal yang meng-upload ke layanan streaming itu harus punya izin," tutur dia.

Pelantun 'Sastra' itu mengatakan pertama kali mengetahui adanya pencurian lagu miliknya dari kenalannya yang meng-cover lagunya di YouTube.

"Saya tahu dari teman saya yang cover itu justru. Dia kan nggak enak, takutnya dia salah paham, itu dia sendiri jadi yang kasih tahu," terang dia.

Pongki Barata The Dangerous BandPongki Barata (Rifkianto Nugroho/detikcom)

Menanggapi hal itu, Pongki pun segera mengambil langkah dengan menghubungi publisisnya. Publisisnya telah meminta kepada pihak layanan streaming untuk menurunkan lagunya.

"Mestinya sekarang sudah nggak ada, jadi ini saya masih beruntung tergabung dalam publisis yang bisa mengurus," jelas dia.

Sebelumnya, Pongki membeberkan uneg-uneg-nya mengenai peristiwa yang tidak mengenakkan itu lewat kicauan di akun Twitter-nya.



"Cuma mau cerita aja, salah satu lau saya yang di-cover oleh teman YouTube cover (yang saat itu belum urus lisensinya) dicuri dan dimasukkan ke Spotify. Sudah menghasilkan, tanpa saya dan teman yang cover itu mendapatkan apa-apa. Jangan asal cover ya please," tulis dia.



Simak Video "Pongki Barata: Berkat Anang Batas, Jikustik Bisa Rekaman di Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/dar)