Duet Keroncong Sundari Soekotjo dengan Sang Putri di Kenangan Terindah

Mauludi Rismoyo - detikHot
Rabu, 11 Nov 2020 17:53 WIB
Sundari Soekotjo
Sundari Soekotjo duet bareng sang putri di lagu Kenangan Terindah. (Foto: istimewa)
Jakarta -

Penyanyi keroncong Sundari Soekotjo kembali membuat album baru di tahun ini. Sebelum dirilis, ia meluncurkan dua single terlebih dahulu.

Yang pertama, Sundari Soekotjo mengeluarkan lagu berjudul Wanita Indonesia. Itu merupakan lagu karya komposer keroncong legendaris Budiman BJ.

Lalu yang kedua berjudul Kenangan Terindah. Di situ, Sundari Soekotjo mengubah lagu milik band Samsons yang diciptakan oleh Irfan Aulia itu menjadi versi keroncong.

Tak cuma itu saja, wanita 55 tahun tersebut mengajak anaknya, Intan Soekotjo, berkolaborasi di lagu Kenangan Terindah. Duet keroncong mereka di lagu tersebut diaransemen oleh orkestra Iswandaru Budiman.

Sundari Soekotjo punya harapan terkait lagu Kenangan Terindah yang diubah keroncong. Ia mau generasi muda mengenal musik tersebut dan bisa melestarikannya.

"Harapannya agar musik keroncong selalu abadi dan mendapat warna baru dari generasi muda tanpa melupakan warna asli dari musik keroncong itu sendiri. Akankah lebih bermakna jika musik budaya Indonesia ini dapat dilestarikan secara turun temurun yang disesuaikan dengan perkembangan zaman. Sudah saatnya untuk meluaskan wawasan dan terbuka dengan inovasi baru," ujar Sundari dari press rilis yang diterima.

Lagu Kenangan Terindah versi keroncong yang disajikan Sundari Soekotjo akan dirilis pada 13 November. Lagunya akan bisa dinikmati di berbagai platform streaming digital, seperti Apple Music, YouTube Music, Spotify, Joox, dan lain-lain.

Sementara untuk album baru, Sundari Soekotjo mengatakan hal itu akan dikeluarkan di akhir tahun 2020. Albumnya diproduseri oleh Gema Nada Pertiwi.

Soal ajak Intan Soekotjo, Sundari Soekotjo mengaku memang ingin mewariskan musik keroncong ke putrinya. Ini bukan pertama kali Intan tampil bareng Sundari.

Di beberapa album terakhir Sundari Soekotjo, Intan Soekotjo sudah kerap mengisi suara bareng ibunya.

Sundari Soekotjo terakhir merilis album pada 2016. Ketika itu diluncurkan dalam rangka 40 tahun berkarya di dunia musik Tanah Air.

(mau/dar)