Bedanya Headphone dan Headset hingga Mengenal TWS

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Senin, 09 Nov 2020 19:04 WIB
Headset Sony
Perangkat telinga. Foto: Sony
Jakarta -

Bagi kalian yang gemar mendengarkan musik, perangkat telinga menjadi salah satu hal penting yang dapat mendukung hobi kalian. Semakin baik alat yang kalian gunakan, tentunya akan semakin baik pula kualitas suara yang dihasilkan.

Eits, tapi tunggu dulu. Perangkat telinga ternyata banyak jenisnya, lho. Apa saja? detikcom merangkum sejumlah perangkat telinga yang dapat kalian gunakan untuk mendengarkan musik.

Headphone

Sennheiser headphone wirelessHeadphone. Foto: istimewa

Bagi para pecinta musik, headphone pasti bukan kata yang asing untuk kalian. Headphone memiliki dua speaker mini yang bisa ditempatkan di telinga kanan dan kiri. Dua speaker mini itu terhubung dengan penyangga yang biasa diletakkan di atas kepala.

Dua speaker mini yang yang terdapat di kanan-kiri biasanya berukuran cukup besar hingga menutupi telinga. Hanya saja, headphone hanya bisa digunakan untuk mendengarkan saja.

Headset

HeadsetHeadset. Foto: Logitech

Bila headphone hanya bisa digunakan untuk mendengarkan, berbeda halnya dengan headset. Pada dasarnya, headset adalah headphone dengan tambahan mikrofon sehingga tidak hanya bisa digunakan untuk mendengarkan namun juga dapat digunakan untuk berkomunikasi.

Secara bentuk, headset dan headphone terbilang mirip karena sama-sama memiliki dua speaker mini yang menutupi telinga.

Earphone

EarphoneEarphone. Foto: Apple

Earphone juga perangkat yang bisa kalian gunakan untuk mendengarkan lagu. Fungsinya kurang lebih sama dengan headset. Bedanya, speaker mini yang terdapat di earphone berukuran lebih kecil dan hanya menutupi lubang telinga, bukan keseluruhan telinga.

Perangkat ini cenderung lebih mudah dibawa ketimbang headphone maupun headset.

TWS

TWS LGTWS. Foto: LG

TWS atau true wireless stereo merupakan perangkat nirkabel. TWS bekerja dengan gelombang radio yang didukung oleh koneksi bluetooth untuk bisa tersambung ke perangkat lain yang kamu gunakan untuk mendengarkan lagu, misalnya telepon genggam, laptop, tablet, dan lain-lain.

Teknologi TWS dirancang untuk memberikan kualitas suara yang lebih terdengar nyata.



Simak Video "Anti-Distraction Pakai Earphone Terbaru vivo TWS Neo"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/dar)