Round-Up

Sesal Inul Daratista Ketika Harus PHK Ribuan Karyawan

Tim Detikcom - detikHot
Kamis, 05 Nov 2020 22:04 WIB
si Kacamata Oren, Inul Daratista
Inul Daratista. Foto: Noel/DetikFoto.
Jakarta -

Bukan hal baru apabila pandemi COVID-19 memberikan dampak yang tidak sedikit bagi banyak sektor. Sebagai pengusaha bisnis karaoke, usaha Inul Daratista menjadi salah satu yang harus tutup selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Otomatis, karyawan dari rumah karaoke Inul Daratista menjadi salah satu yang paling terdampak oleh adanya pandemi virus Corona.

Beberapa waktu lalu, Inul Daratista melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) ke ribuan karyawannya di Jakarta. Hal tersebut dilakukan karena dampak dari tidak adanya pemasukan karena PSBB yang diterapkan di Jakarta.

Sebelum memutuskan untuk melakukan pemutusan hubungan kerja, Inul Daratista sebenarnya sudah mencoba alternatif lainnya untuk mempertahankan karyawannya. Saat PSBB diberlakukan selama ini, ia terpaksa merogoh kocek pribadi demi menutupi gaji karyawannya.

"Kalau bertahan sudah pasti lah saat ini lebih banyak nomboknya daripada untungnya. Karena kan saat ini kita nggak ada omzet atau profit apapun ya, jadi ya sebagian pakai uang sendiri untuk gaji karyawan," kata Inul Daratista dalam sebuah kesempatan wawancara di Gedung Transmedia, Mampang, Jakarta Selatan.

Namun apa daya, hal itu tidak lagi bisa dilakukan saat ini. Apalagi, rumah karaokenya sudah banyak kehilangan pelanggan selama delapan bulan lamanya.

Menurut Inul Daratista PHK dilakukan hanya untuk rumah karaokenya di kawasan Jakarta saja. Kekhawatiran banyak orang untuk datang ke ruang publik jadi kendala besar bagi istri Adam Suseno tersebut.

"Di Jakarta banyak (Inul Vizta) ada 20 cabang lebih. Semua aku PHK yang di Jakarta, mohon maaf sebesar-besarnya, karena sudah delapan bulan, harap maklum," ujar dia.

"Karyawannya hitung saja satu outlet ada yang 75 karyawan, kalau di atas 20 sampai 30 (outlet) berapa tuh (yang di-PHK)," jelas Inul Daratista.

Lewat Instagram pribadinya, Inul Daratista juga telah menyampaikan permohonan maaf karena terpaksa menutup sejumlah rumah karaokenya di Jakarta. Hal itu ia lakukan demi mendukung pemerintah mengurangi penyebaran virus COVID-19.

"Info buat teman-teman semua, klo @inulviztaofficial sementara tutup dulu ya. Demi mendukung pemerintah, dalam mengurangi penyebaran Covid-19. Untuk info lainnya, diupdate terus di @inulviztaofficial ya. Matur Suwuuun. Semoga kita semua sehat, dan senantiasa dalam lindungan Allah Swt," tulis Inul Daratista.

"Untuk outlet/cabang saya yang belum terdaftar di beberapa daerah lainnya info saya tunggu, mohon maaf yang sebesar-sebesarnya . Bismillah sehat semua ya," tulisnya lagi.



Simak Video "Inul Daratista Ancam Penjarakan Oknum Penipu yang Gunakan Namanya"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/srs)