Ingin Rekam Lagu di Rumah? Simak Tipsnya di Sini!

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Selasa, 27 Okt 2020 11:45 WIB
WEST HOLLYWOOD, CA - SEPTEMBER 10:   DJ Kate attends the Mauro Perucchettis Pop Fiction Exhibition at De Re Gallery on September 10, 2015 in West Hollywood, California.  (Photo by Rochelle Brodin/Getty Images for De Re Gallery)
Foto: Ilustrasi Musik Elektronik (Getty Images)
Jakarta -

Di masa pandemi COVID-19, kita memang harus membiasakan diri dengan berbagai keterbatasan. Bagaimana tidak, kita harus menahan diri untuk tidak terlalu sering bertemu orang lain guna mengurangi kemungkinan tertular virus.

Salah satu kegiatan yang sulit dilakukan di rumah adalah merekam lagu. Sayangnya, sejumlah studio musik tutup. Kalau pun dibuka, mungkin ada kekhawatiran bertemu orang banyak yang kita rasakan.

Nah, jangan dulu berputus asa. Sejumlah musisi telah mencoba melakukan rekaman dari rumah masing-masing. Bagi kalian yang ingin melakukan rekaman dari rumah, dikumpulkan dari berbagai sumber, simak kiat dan tips merekam lagu dari rumah yang dirangkum detikHOT di bawah ini.

Perhatikan Kondisi Ruangan

Sebelum memulai rekaman dari rumah, sebaiknya periksa dulu kondisi ruangan. Rekaman akan lebih maksimal bila dilakukan di ruangan kedap suara dan tidak bising. Sebaiknya, meminimalisir adanya suara dari luar masuk dalam ruangan. Sebaiknya,gunakanlah sesuatu untuk melapisi ruangan dengan bahan akustik.

Dalam wawancara terpisah dengan Yura Yunita dan Sivia Azizah beberapa waktu lalu, keduanya mengatakan sempat melakukan rekaman di rumah dan melapisi ruangan untuk merekam dengan bed cover (selimut tebal). Selain di balik tumpukan bed cover, Sivia juga mencoba merekam suaranya dari dalam lemari.

Mikrofon

Tentunya mikrofon menjadi penunjang penting ketika hendak melakukan rekaman di rumah. Pilihlah mikrofon yang sesuai dengan kebutuhan, tergantung pada suara seperti apa yang ingin dihasilkan, misalnya mikrofon jenis kondensor dapat memberikan hasil yang lebih jernih dan natural karean menggunakan transducer.

Akan tetapi, mikrofon kondenser sangat sensitif menyerap suara dan ambient ruangan sekitar. Sehingga cocok di lakukan bila rumahmu hening. Selain itu, mikrofon kondensor juga lebih cocok digunakan untuk merekam suara yang alami atau akustik, misalnya gitar atau alat musik lainnya.

Siapkan Peranti Pendukung

Selain ruangan dan mikrofon, kamu juga membutuhkan peranti pendukung. Misalnya soundcard (perangkat keras komputer yang berfungsi mengolah data audio atau suara), speaker dan headphone. Pastikan semua alat aman sebelum kamu memulai sesi rekaman.



Simak Video "Promotor Musik Tunggu Angin Segar dari Pemerintah"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/tia)