Publik Korea Soroti Via Vallen Jiplak Video Klip IU

Tia Agnes - detikHot
Sabtu, 24 Okt 2020 19:28 WIB
Potongan Video Klip Via Vallen Kasih Dengarkanlah Aku yang Plagiat Konsep IU
Video klip Via Vallen disebut hasil plagiat dari IU. Foto: Istimewa
Jakarta -

Via Vallen dan pihak label Ascada Music akhirnya meminta maaf dan buka suara mengenai dugaan penjiplakan. Video klip Kasih Dengarkanlah Aku yang berduet dengan Dyrga Dadali pun diturunkan setelah hampir 22 jam tayang di YouTube.

Sejak awal video klip Kasih Dengarkanlah Aku rilis, fans IU sudah heboh membicarakannya di jagat maya. Bahkan mereka sudah membuat beberapa potongan klip berdampingan untuk membahas kemiripannya.

Konsep video klip Kasih Dengarkanlah Aku dan milik IU yang berjudul Above The Time memang mirip sekali. Sejak awal video klip, nuansa salju, properti, sampai artistik dalam video klip benar-benar mirip.

Ternyata kasus penjiplakan video klip IU sampai ke media Korea Selatan. Situs AllKpop yang mengabarkan pemberitaan hiburan dunia negeri Ginseng itu menuliskannya dengan judul berita ''Netizen menganggap video musik Indonesia ini sangat mirip dengan video musik "Above the Time" IU'.

Dalam artikel AllKpop, seperti dilansir detikcom, netizen Korea menemukan ada kemiripan antara video klip Via Above The milik IU.

Netizen itu pun posting tangkapan layar secara berurutan. Nama Via Vallen juga disebutkan media AllKpop tersebut.

Via Vallen jadi sorotan media KoreaVia Vallen jadi sorotan media Korea Foto: Via Vallen jadi sorotan media Korea

Gara-gara pemberitaan itu, netizen Korea pun secara blak-blakan menyatakan video musik pedangdut Via Vallen menjiplak karya IU.

Via Vallen juga menyadari kemiripan dalam video klip terbarunya. Lewat Stories Instagram, ia sudah meminta maaf.

"Untuk IU, fans IU dan vyanisty juga pihak yang merasa dirugikan aku minta maaf soal MV terbaru aku yang ternyata memang muiriiiip sama dengan MV IU," buka Via Vallen dalam Instagram Stories miliknya.

Dalam kesempatan itu, Via Vallen sama sekali tidak mengetahui jika IU juga memakai konsep yang sama dengan konsep video klip dirinya.

"Ini sama sekali nggak ada unsur kesengajaan, karena aku bukan penggemar Kpop secara umum, jadi nggak banyak tahu soal MV K-Pop (kebanyakan MV K-Pop yang aku lihat Blackpink doang)," ungkap Via Vallen lagi.



Simak Video "Akui Video Klipnya Mirip Punya IU, Via Vallen: Aku Malu Banget"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)