Lirik Lagu Maju Tak Gentar dan Chord Gitar Ciptaan Cornel Simanjuntak

Tim detikcom - detikHot
Senin, 19 Okt 2020 20:05 WIB
Berawal dari pemahat patung, I Wayan Tuges telah bertransformasi menjadi pembuat gitar dengan ukiran khas Bali. Kini gitarnya telah dijual ke berbagai negara.
Foto: Rachman Haryanto/Lirik Lagu Maju Tak Gentar dan Chord Gitar Ciptaan Cornel Simanjuntak
Jakarta -

Maju Tak Gentar adalah lagu wajib nasional. Lagu ini diciptakan oleh Cornel Simanjuntak, sang komponis lagu-lagu heroik dan patriotik.

Dilansir buku Indonesia Pusaka karya Dr. Sopan Adrianto, SE, M.Pd, Cornel Simanjuntak lahir di Pemantangsiantar, Sumatera Utara tahun 1921. Cornel meninggal di Yogyakarta pada 15 September 1946.

Cornel sempat menjadi guru. Namun karena bakat seninya yang kuat, dia beralih profesi ke kantor Kebudayaan Jepang dan menciptakan lagu perjuangan. Dia juga aktif dalam perjuangan kemerdekaan. Pada suatu ketika terjadi pertempuran di Jakarta dan pahanya tertembak. Cornel disembunyikan di Karawang dan akhirnya dikirim ke Yogyakarta.

Di Yogyakarta-lah lahir lagu-lagu perjuangannya. Padahal ketika itu peluru belum bisa dikeluarkan dari kakinya. Juga penyakit TBC membuatnya kian lemah. Dia wafat di Yogyakarta pada 15 September 1946.

Berikut lirik lagu Maju Tak Gentar dan chord gitar Ciptaan Cornel Simanjuntak dari Ultimate Guitar:

[Intro]
F C G C

[Verse]
C
Maju tak gentar
F C
Membela yang benar
F G
Maju tak gentar
G
Hak kita diserang
C
Maju serentak
F C
Mengusir penyerang
F G
Maju serentak
C
Tentu kita kita menang

[Chorus]
F
Bergerak bergerak
C
Serentak Serentak
G C F
Menerkam Menerjang Terkam
F
Tak gentar tak gentar
C
Menyerang menyerang
G C
Majulah majulah menang

[Outro]
F C G C


Lalu makna apa yang terkandung dalam lirik lagu Maju Tak Gentar? Masih dalam sumber yang sama disebutkan Cornel Simanjuntak mengajak seluruh rakyat Indonesia berani maju menghadapi penjajah. Jika perlawanan dilakukan bersama-sama maka rakyat Indonesia akan menang.



Simak Video "Perkenalkan! Xpander dan Xpander Cross Spesial Bernuansa Hitam"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/erd)