Rhoma Irama dan Lagu-lagu Legendaris Ciptaannya

Lusiana Mustinda - detikHot
Senin, 19 Okt 2020 08:36 WIB
s
Foto: Rhoma Irama di Synchronize Fest 2018 / Hanif Hawari
Jakarta -

Raden Haji Oma Irama yang populer dengan nama Rhoma Irama ini memiliki julukan sebagai "Raja Dangdut".

Karier bermusik Rhoma Irama sudah dimulai sejak remaja. Beberapa kali mendirikan dan berpindah grup. Ayah dari Ridho Rhoma ini akhirnya membentuk band sendiri bernama Soneta pada tahun 1973.

Berkarier di dunia musik, Rhoma Irama bersama dengan Soneta telah meluncurkan puluhan album. Salah satu albumnya adalah 'Begadang', 'Penasaran', 'Rupiah', hingga 'Darah Muda'.

Tak hanya jago menciptakan dan menyanyikan sebuah lagu. Rhoma Irama juga dikenal sebagai aktor yang pandai berakting. Rhoma Irama juga pernah disebut sebagai raja musik ASEAN setelah melakukan pertunjukkan konser Soneta Grup di Kuala Lumpur, Malaysia.

Berikut beberapa hal tentang Rhoma Irama dan lagu legendarisnya:

1. Lagu Islami

Bermusik dengan lirik spiritualistik sering digarap oleh Rhoma Irama dan Soneta. Salah satunya adalah lagu berjudul 'Laillahaillallah' yang isinya tentang keesaan Allah SWT. Lagu tersebut ada dalam album musik untuk film Raja Dangdut (1978).

Selain itu ada juga album khusus bertajuk Haji (1983), lagu Setetas Air Hina dalam album Renungan dalam Nada (1983) yang mengutip surat Ath-Thariq ayat 5-7. Isinya adalah agar kita menjauhi diri dari sikap sombong.

2. Tampil di Luar Negeri

Penampilan dan lagu-lagunya yang disukai para penggemar, membuat Rhoma Irama banyak tampil di berbagai negara. Mulai dari Singapura, Brunei, Malaysia, Jepang, India hingga Amerika dan Eropa.

3. Lagu Paling Lama Dibuat

Diundang dalam acara Brownis pada Rabu (14/10) Rhoma Irama (https://www.detik.com/tag/rhoma-irama) mengungkapkan ada beberapa lagu yang diciptakan paling lama yaitu 'Judi' dan 'Makna di Balik Selendang'.

Lagu Judi yang berasal dari album Nada-nada Rindu yang ia ciptakan tahun 1987 ini terinspirasi dari Porkas (Pekan Olahraga dan Ketangkasan). Sedangkan untuk 'Makna Di Balik Selendang' menceritakan alasan grup Soneta selalu mengenakan selendang. Hal ini melambangkan identitas bahwa grup Soneta adalah muslim.

4. Pintar Berakting

Selain piawai bernyanyi, Rhoma Irama juga jago berakting. Pria yang kini berusia 73 tahun ini merupakan aktor berbakat pada 1970 hingga 1980-an.

Rhoma Irama juga menceritakan proses dubbing setelah syuting dan editing selesai. Bahkan zaman dulu, jika aktor berhalangan hadir, dubbing akan digantikan kepada aktor lainnya.

Salah satu film yang dimainkan oleh Rhoma Irama adalah Rhoma Irama Berkelana I dan II, Gitar Tua Oma Irama, Pengabdian, Begadang hingga Sebuah Pengorbanan.



Simak Video "Berdendang di Khitanan, Rhoma Irama Akan Diperiksa Polisi"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)