Profil Eddie Van Halen, Sempat Mengalami Ketergantungan Alkohol

Rosmha Widiyani - detikHot
Kamis, 08 Okt 2020 08:00 WIB
Eddie Van Halen Meninggal
Foto: Getty Images/Profil Eddie Van Halen, Sempat Mengalami Ketergantungan Alkohol
Jakarta -

Gitaris legenda Eddie Van Halen yang meninggal di usia 65 tahun mengisi masa kecilnya dengan belajar piano. Semasa hidup, dedengkot grup Van Halen ini dikenal sebagai musisi yang sangat berpengaruh, berbakat, dan tidak berhenti berkarya.

Dikutip dari situs AllMusic, Eddie dan kakaknya Alex sama-sama belajar piano sebelum memilih instrumen favoritnya. Eddie sempat beralih main drum sedangkan Alex tetap menekuni gitar. Seiring waktu, Eddie Van Halen kembali main gitar dan banyak dipengaruhi gaya Eric Clapton dan Jimmy Page.

Eddie dan Alex membentuk grup The Van Halen yang main di club sekitar Los Angeles atau backyard parties. The Van Halen memainkan lagu-lagu milik sendiri atau orang lain, sebelum bertemu dengan penyanyi David Lee Roth dan pemain bas Michael Anthony.

Pertemuan pada 1970an inilah yang mengawali kehidupan Eddie Van Halen di industri musik sebagai seorang bintang. Profil pasang surut kehidupan mantan suami aktris Valerie Bertinelli ini menghiasi berbagai media.

Berikut profil gitaris legenda Eddie Van Halen

1. Eddie Van Halen sempat ketergantungan alkohol

Situs AllMusic menerangkan, Eddie Van Halen sempat mengalami ketergantungan alkohol yang tidak segan dipublikasikan pada publik. Tidak jelas sejak kapan Eddie Van Halen mengalami ketergantungan alkohol, namun kondisi tersebut berhasil diatasi pada akhir 1990an.

Eddie Van Halen adalah musisi produktif yang tetap berkarya meski mengalami gangguan. Selain untuk Van Halen, Eddie Van Halen muncul di lagu milik musisi lain misal Beat It milik Michael Jackson. Eddie Van Halen juga pernah membuat komposisi musik untuk film The Wild Life produksi tahun 1985 dan Twister di tahun 1996.

2. Eddie Van Halen terdiagnosis kanker

Dikutip dari billboard, Eddie Van Halen mengumumkan sedang mengalami kanker dan menjalani pengobatan pada 2001. Dia mengumumkannya lewat situs resmi Van Halen setelah diagnosis dari dokter yang menangani kanker tenggorokan.

"Saya minta maaf karena harus menunggu cukup lama untuk mengumumkan kondisi ini. Namun kanker bisa menjadi sangat unik dan sangat pribadi untuk diungkapkan pada publik. Jadi saya pikir hanya menunggu waktu untuk mengatakannya pada kalian semua. Saya ditangani tiga orang dokter ahli kanker serta tiga ahli bedah kepala dan leher di Cedars Sinai. Mereka mengatakan saya sehat dan bisa melawan kanker," kata Eddie Van Halen.

3. Eddie Van Halen dan teknik permainan gitar

Sekitar tahun 1970an, Eddie Van Halen mengembangkan teknik baru permainan gitar yang kemudian disebut two-handed tap. Teknik ini menjadi ciri khas yang kemudian dilakukan pemain gitar lainnya.

Dengan kecepatan dan phrasing yang tepat, Eddie Van Halen menjadi musisi papan atas dalam waktu cepat untuk industri musik lokal. Di tahun yang sama, Eddie Van Halen mengubah nama grup yang dibentuk bersama kakaknya menjadi Van Halen bukan lagi The Van Halen.

4. Eddie Van Halen dan produksi gitar

Saat menjadi musisi, Eddie Van Halen mendesain sendiri gitar yang digunakannya. Eddie Van Halen mengawali dengan desain gitar menggunakan garis atau strips. Desain strips di gitar Fender Stratocaster menjadi ciri khas sang gitaris legenda.

Eddie Van Halen awalnya membuat gitar karya sendiri pada awal 1990an untuk Eddie Van Halen Ernie Ball Company, kemudian beralih Peavey pada pertengahan 1990an. Desain dan gitar karya Eddie Van Halen menguatkan posisinya sebagai gitaris idola sepanjang masa.

5. Eddie Van Halen dikelilingi orang-orang terkasih

Dikutip dari People, kesehatan Eddie Van Halen menurun selama tiga hari terakhir sebelum meninggal. Selama kurun waktu tersebut, sang musisi selalu dikelilingi keluarga dan orang-orang yang melindunginya.

"Selama karantina COVID-19, setiap orang di sekitar Eddie Van Halen selalu hati-hati. Termasuk keluarganya yang selalu memastikan Eddie Van Halen terlindungi dari pandemi. Namun kanker tenggorokan yang dialaminya bertahun-tahun telah menyebar ke seluruh organ," tulis People.

Meninggalnya Eddie Van Halen akan memberi banyak kenangan pada orang-orang terdekatnya. Salah satunya Wolfgang, buah hati Eddie Van Halen yang disebut sangat dekat dengan ayahnya.



Simak Video "Gitaris Legendaris Rock Eddie Van Halen Tutup Usia"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)