Chrisye Rilis Lagu Baru Lagi

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Jumat, 25 Sep 2020 14:36 WIB
Chrisye
Foto: dok. Chrisye
Jakarta -

Lagu hasil nyanyian mendiang Chrisye yang belum pernah dikeluarkan sebelumnya akhirnya dirilis minggu ini. Lagu itu berjudul Rindu Ini.

Ada kisah menarik di balik keluarnya lagu peninggalan Chrisye itu. Rindu Ini sebenarnya telah rampung digarap pada 1992. Akan tetapi, lagu ciptaan Tito Soemarsono dan Cecep itu tersimpan selama 28 tahun.

Pada September 2020, lagu tersebut dikeluarkan sebagai peringatan bulan kelahiran Chrisye.

Meski lagu itu digarap puluhan tahun lalu, namun Dwiki Dharmawan selaku produser mengatakan lagu itu masih bisa relevan bila didengarkan di masa sekarang.

"Lagu Rindu Ini diciptakan dengan menggunakan balutan teknologi keluaran awal 90-an yang terbilang modern pada masanya. Jika diperdengarkan dengan seksama, aransemen dan musiknya masih relevan dengan zaman sekarang," ujar Dwiki melalui siaran pers yang diterima detikcom, Jumat (25/9/2020).

Ketika digarap pada 1992, lagu itu hanya memakan waktu pembuatan selama satu minggu.

Ada alasan tersendiri mengapa lagu itu baru dirilis saat ini. Indrawati Widjaja atau yang dikenal sebagai Bu Acin dari Musica Studio menjelaskan pada eranya, proses penentuan lagu terbilang sukar.

Sebenarnya Rindu Ini merupakan salah satu lagu yang menjadi lagu andalan. Hanya saja karena satu dan lain hal, lagu itu akhirnya disimpan.

"Pada masa itu proses untuk pemilihan lagu 'andalan' tidaklah mudah. Lagu andalan biasanya terdiri dari beberapa lagu, sehingga diperlukan pertimbangan yang matang untuk memasukkan lagu andalan ke dalam rangkaian album selanjutnya," ungkap Bu Acin.

"Demikian juga dengan Rindu Ini. Lagu ini adalah salah satu lagu yang saat itu diunggulkan dan masih tersimpan rapi sampai saat ini. Musica baru memutuskan untuk mengeluarkan lagunya sekarang karena lagu ini dirasa memiliki materi bagus dan tetap bisa dinikmati oleh pencinta musik saat ini," sambung dia.

sejak hari ini, Jumat, 25 September 2020, lagu Rindu Ini telah dapat didengarkan di berbagai layanan streaming.

Chrismansyah Rahadi atau Chrisye merupakan penyanyi kelahiran 16 September 1949. Chrisye meninggal dunia pada 30 Maret 2007. Di kancah musik, namanya menjadi salah satu musisi legendari dan berpengaruh di Indonesia.

Sejumlah lagu kenamaan pernah dibawakan olehnya, di antaranya Lilin Lilin Kecil (1977), Pergilah Kasih (1989), Kala Cinta Menggoda (1997), Cintaku (1999) dan lain-lain.

Pada 2018 lalu, Musica mengeluarkan album kompilasi Kidung Abadi dalam format piringan hitam yang berisikan 12 lagu hits dari Chrisye.



Simak Video "Wow! Ariana Grande Jadi Presiden AS di Video Klip 'Positions' "
[Gambas:Video 20detik]
(srs/dar)