Lagi Hits, Tanaman Bakal Dibuatkan Konser

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Rabu, 23 Sep 2020 14:36 WIB
Tanaman Monstera
Foto: Getty Images/iStockphoto/iNueng
Jakarta -

Berlian Entertainment mengumumkan edisi kedua dari New Live! Experience. Setelah menggelar konser drive-in pada 29 dan 30 Agustus 2020 lalu sebagai edisi pertama, kini akan diadakan konser yang diperuntukkan bagi tanaman dengan tajuk Sounds for Plant.

"Selama ini kreasi untuk kebutuhan hiburan dan musik selalu kita ciptakan untuk manusia saja namun tanpa kita sadari bahwa lingkungan alam sekitar kita juga dapat kita sertakan sebagai bagian dari komponen yang tak dapat dipisahkan," tulis keterangan pers yang diterima detikcom, Rabu (23/9/2020).

"Ini merupakan bagian dari suatu sistem ekologi antara makhluk hidup dan lingkungannya atau hubungan timbal balik yang saling membutuhkan," sambung keterangan itu.

Pada konser yang diperuntukkan untuk tanaman itu, nantinya akan digunakan penerapan teknologi bernama sonic bloom sound.

Dengan teknologi itu, musik dan bebunyian dapat dimanfaatkan untuk memancarkan gelombang frekuensi yang dapat memberikan pengaruh pada pertumbuhan tanaman.

Nantinya, pemilik tanaman akan mengirimkan tanamannya untuk dibawa ke area berlangsungnya konser. Sedangkan pemilik tanaman hanya boleh menyaksikan konser itu secara virtual.

Berlian Entertainment belum mengumumkan kapan dan dimana konser itu akan berlangsung maupun berapa harga dari tiket konser tersebut.

Sound for PlantsSound for Plants. Foto: dok. Sound for Plants

Sebelumnya, Belian Entertainment telah mengadakan konser drive-in di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, sebagai edisi pertama dari New Live! Experience dengan Kahitna dan Project A (Armand Maulana feat. Afgan) sebagai penampilnya.

Konser yang diperuntukan bagi tanaman itu bukan yang kali pertama diadakan. Sebelumnya pada 25 Juli 2020, Bottlesmoker telah menggelar konser serupa bertajuk Plantasia di Lou Belle Space, Bandung,

Pertunjukan untuk tanaman diadakan berdasarkan hasil dari beberapa penelitian tentang bagaimana pengaruh musik bila dimainkan secara langsung pada tanaman.

Ada komposisi musik spesifik yang akan dimainkan dalam konser Plantasia yang diadakan oleh Bottlesmoker Juli lalu, yakni musik natural, musik klasik, elemen string, pola repetitive, hingga frekuensi suara tertentu untuk meningkatkan kesuburan tanaman.



Simak Video " Protokol Kesehatan Konser Drive-in di JIExpo Kemayoran"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/dar)