Cover Lagu di YouTube, Tanggapan Rhoma Irama hingga Reza Arap

Rosmha Widiyani - detikHot
Minggu, 06 Sep 2020 09:16 WIB
Ilustrasi YouTube, Logo YouTube
Foto: Sean Gallup/Getty Images/Cover Lagu di YouTube, Tanggapan Rhoma Irama hingga Reza Arap
Jakarta -

Twitter sempat ramai dengan bahasan cover lagu di YouTube yang dianggap bertentangan dengan aturan yang berlaku. Ketentuan ini tercantum dalam Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta Pasal 113.

Cover lagu tanpa izin dan pencantuman nama pemilik hak cipta bisa dikenakan hukuman penjara paling lama tiga tahun, dan/atau denda Rp 500 juta. Sanksi berlaku jika cover lagu tanpa izin diupload di media sosial atau layanan streaming dan memonetasinya.

Ketentuan soal cover lagu di YouTube ini mendapat tanggapan beragam dari musisi tanah air, mulai dari Rhoma Irama hingga Reza Arap. Aturan tersebut dianggap berisiko karena cover beda dengan mencuri sebuah lagu dari yang menciptakannya.

Cover lagu di YouTube sebetulnya bukan hal asing di industri musik dunia termasuk di Indonesia. Sejumlah lagu dikenal publik dan netizen setelah dicover beberapa akun, misal Aisyah Istri Rasulullah dan Lathi.

Berikut tanggapan soal cover lagu di YouTube:

1. Rhoma Irama

Musisi senior Rhoma Irama berharap aturan cover lagu di YouTube jangan sampai mengakibatkan masyarakat takut berekspresi. Menurut Rhoma menampilkan cover lagu setelah ada izin bukan hal mudah.

"Ini sangat sulit diimplementasikannya misal saat live konser, kalau harus berizin kan sulit. Makanya harus ditinjau ulang atau gimana," kata Rhoma.

2. Katon Bagaskara

Musisi Katon Bagaskara lewat akun Twitter @katonbagaskara mengungkapkan pendapat soal cover lagu di YouTube. Katon mempersilahkan cover lagu asal tidak mencurinya untuk kepentingan komersial.

"Gaees, kamu semua bebas utk mengcover semua lagu saya dan KLa di sosmed/ dunia internet, tidak perlu minta ijin, kami tdk akan menuntut apa2 asal kamu tdk mencuri lagu2 itu utk kepentingan komersil. Selamat berekspresi yaa!!" tulis Katon di Katon Bagaskara Official.

3. I Wayan Balawan

Gitaris I Wayan Balawan dalam akun Twitter @balawanguitar mempersilahkan publik yang ingin mengcover lagu miliknya. Balawan malah memberi hadiah pick gitar bagi yang beruntung.

"Belakangan lagi rame Bahasan mengenai cover lagu di YouTube, Nah kalau lagu saya ini mau dicover Silahkan saja, Nggak usah minta ijin nanti saya kasih hadiah Pick ya...," tulis Balawan yang juga menguploadnya di akun Instagram balawanguitar.

4. Rian d'Masiv

Vokalis bandi d'Masiv Rian Ekky Pradipta menjadi musisi lain yang juga ikut bersuara terkait cover lagu di YouTube. Lewat akun Twitter @RianEkkyP, dia menulis satu kata dan menyertakan postingan artikel tentang ketentuan dan sanksi cover lagu.

"Beneran??," tulis Rian d'Masiv.

5. Reza Arap

Lewan akun Twitter @YBRAP, Reza Arap yang merupakan anggota Weird Genius mempersilahkan semua orang yang hendak cover lagu di YouTube tanpa perlu izin. Tentunya, dalam postingan yang ditulis dalam Bahasa Inggris tersebut, ketentuan tidak berlaku bagi yang hendak mencuri lagu.

"YALL FREE TO COVER ALL OF WEIRD GENIUS SONGS AS MUCH AS YOU PLEASE. DON'T NEED TO ASK FOR OUR PERMISSION JUST DO IT. WE WON'T SUE YOU AS LONG ITS A COVER NOT STEALING OUR SONGS. ENJOY FOR BEING THE PART OF FREEDOM TO EXPRESS YOURSELF ON THE INTERNET," tulis Reza Arap.



Simak Video "Weird Genius Direkrut Astralwerks, Selabel dengan David Guetta"
[Gambas:Video 20detik]
(row/pal)