Konser Drive-In, Peluang Baru atau Rugikan The Virgin?

Pingkan Anggraini - detikHot
Sabtu, 29 Agu 2020 18:02 WIB
Dara dan Mita The Virgin saat ditemui di kawasan Trans TV.
The Virgin Foto: Noel/detikFoto
Jakarta -

Pandemi COVID-19 masih menghantui beberapa negara. Tentunya beberapa kegiatan juga lumpuh termasuk pengadaan konser musik.

Konsep menonton konser baru secara virtual sudah mulai bermuncul sejak pandemi merebak. Kini, Tanah Air sudah mulai memberanikan diri untuk mengadakan konser dengan konsep drive-in.

Bukan hanya itu saja, musisi-musisi Tanah Air tampaknya juga sudah mulai terbiasa menjalankan pekerjaan mereka dengan era new normal ini. Namun, langkah ini apakah menjadi sebuah peluang baru atau justru merugikan pekerja seni musik?

Sebagai salah satu pekerja seni musik, grup vokal The Virgin pun angkat bicara. Bagi Mitha dan Dara yang merupakan personel menyebut konser virtual atau drive-in tak merugikan mereka.

"(Konser drive-in) Sebenarnya ini kalau untuk sekarang udah mulai jalan itukan kerja sama antara kementerian kan, nah untuk contoh next-nya bakalan seperti itu kalau ini berhasil otomatis kan ke semuanya akan jalan kan. Karena kan sebenarnya pandemi ini semua sektor itu rugi," jelas Mitha.

Bagi Mitha, terobosan baru ini dapat membantu perekonomian pekerja seni meningkat lagi. Baginya, pandemi ini bukan hanya merugikan sektor terendah dari lapisan masyarakat saja.

Konsep drive-in pun dianggap dapat membantu musisi-musisi baru untuk kembali berkarya. Percobaan drive-in kali ini pun diharapkan dapat berkembang dan membantu perekonomian setiap pekerja yang terlibat.

"Tapi kayak musisi juga kan walaupun kayak ngeliat artis udah pada kaya, tapikan mereka nggak tau aslinya kayak apa gitu. Yang namanya kita tabungan itu kalau berbulan bulan dikuras terus tanpa ada pemasukkan tetep aja bakalan ngeluh. Apalagi temen temen musisi daerah yang kayak misalkan sering manggung di pinggir jalan, di cafe itukan mereka kasian kan," papar Mitha.

"Nah dengan adanya percobaan ini ke depannya musisi bisa lebih di longgarin lagi gitu," sambungnya.

Untuk The Virgin saat ini mereka belum akan mengadakan konser. Namun, karya mereka masih dilirik oleh layanan-layanan musik streaming untuk melakukan promosi.

Hal ini dianggap bagian dari peluang karier mereka dalam bermusik di tengah pandemi. Konser secara virtual pun bagi The Virgin juga suatu peluang yang dapat diterima dengan baik.

"Jadi dengan adanya ide-ide konser virtual atau kayak sekarang The Virgin banyak aplikasi-aplikasi streaming yang meilirik kita untuk kita join sama mereka dan menyapa penggemar-penggemar kayak udah punya tv sendiri. Dengan cara itu sekarang kita promosi gitu menyapa penggemar. Ya alhamdulillah ternyata mereka banyak yang kangen sama kita," tutur Mitha lagi.

"Jadi dengan adanya dari pemerintah virtual konser itu emang bener-bener bagus banget," tegasnya.

Selain itu tentunya animo yang dirasakan saat menonton konser secara virtual atau drive-in berbeda dari biasanya. Hal ini juga turut dirasakan oleh musisi yang meramaikan panggung.

"(Animo konser) Ada yang berbeda dan kurang pasti," tutup Mitha.



Simak Video "Promo Single The Virgin Kacau Balau Akibat COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(pig/dar)