Mola TV Angkat Kembali Lagu-lagu Anak Indonesia Lewat 'Sofa Kuning'

Yudistira Imandiar - detikHot
Minggu, 23 Agu 2020 17:32 WIB
Mola TV
Foto: Dok. Mola TV
Jakarta -

Keragaman budaya merupakan salah satu kekayaan yang dimiliki Indonesia. Setiap generasi bertanggung jawab atas eksistensi budaya Tanah Air agar tak lekang tergerus zaman.

Sebagai upaya mempertahankan warisan budaya, Mola TV membuat program 'Sofa Kuning' yang menampilkan lagu anak-anak Indonesia yang diaransemen ulang dengan nuansa yang lebih segar, mengikuti perkembangan zaman dan dikemas dalam format karaoke. Acara tersebut juga diramaikan segmen kuis berhadiah.

Episode perdana 'Sofa Kuning' telah tayang di New TV, Sabtu (22/8/2020). Acara tersebut menuai beragam komentar positif dari warganet.

"Keren bangeeeetttt.. anakku sampe ikutan nyanyi saking menariknya.. padahal belum pernah dengar lagu lagunya. Sukkaaaakk banget, jadi bikin nostalgia waktu kecil" ungkap akun instagram @friskyanis.

Lain lagengan pemilik akun Instagram @yrochayah yang terbawa nostalgia saat mendengarkan lagu-lagu masa kecil di program 'Sofa Kuning'.

"Barusan aku nonton acaranya seru. Jadi nostalgia acara jaman kecil di TVRI dulu. Lagunya mengingatkan lagu-lagu masa kecil, cocok ditonton bareng seluruh keluarga. Eh, berhadiah pula, asik pokoknya deh!" kata dia.

Akun Instagram @nindhaxqoni turut mengapresiasi program 'Sofa Kuning' yang menurutnya memuat konten edukasi dan hiburan.

"Sofa kuning ini mengingatkanku jaman dulu dimana acara TV yang sarat konten edukasi dan hiburan. Cocok buat keluarga nonton bersama-sama. Selain itu hostnya lucu, Seru dan yang paling asik ada hadiah ratusan juta rupiah! Jadi gak sabar nonton!" tulisnya.

Selain menyuguhkan keseruan berkaraoke lagu anak-anak, 'Sofa Kuning' mengajak pemirsa di rumah turut bermain untuk mendapatkan hadiah total Rp 200 juta untuk 45 pemenang setiap minggunya. Untuk berpartisipasi, penonton harus mengunduh aplikasi Mola TV.

Pasangan musisi Aqi Singgih dan Audrey Meirina dari grup musik DIAA bersama kedua buah hati mereka mengaku menyanyikan lagu-lagu anak yang tak cuma menghibur tapi juga memiliki unsur pendidikan dengan gaya yang kekinian merupakan satu kesempatan yang luar biasa bagi pasangan ini. Aqi menuturkan, program baru Mola TV itu dapat memanjakan telinga para orang tua agar mau mendengarkan kembali lagu-lagu anak Indonesia, sehingga mudah untuk memperkenalkannya juga kepada anak-anak mereka. Hal itu juga yang dilakukan Aqi untuk bisa mengajarkan lagu-lagu anak yang sesuai usia kepada buah hatinya.

"Seneng dan excited banget bisa ikut ambil bagian dari program "Sofa Kuning" ini. Gue tumbuh dengan nyanyiin lagu-lagu ini pas kecil, dan sekarang dengan mengaransemen ulang, gue bisa sekaligus ngajarin anak-anak gue kenal lagu yang sesuai umur mereka. Bonusnya, gue punya quality time terus sama keluarga! Seru!" ulas Aqi.

Sementara itu, buat Audrey Merina, "Sofa Kuning" merupakan program impiannya bahkan sebelum memiliki anak. Ia menilai 'Sofa Kuning' bisa menaikkan kembali pamor lagu-lagu anak yang kian tenggelam.

"Well, in general lagu-lagu anak Indonesia banyak terkubur aja. Bahkan anak-anakku sendiri banyak menyanyikan lagu barat. Sementara lagu anak Indonesia ini bagus-bagus banget. Ngajarin pantun, ngajarin santun, seperti lagu Pergi Sekolah dan, ya berimajinasi lah," sambung Audrey.

Selain kedua pasangan musisi di atas, Mola TV juga merangkul SMK Raden Umar Said - Kudus dalam pembuatan program 'Sofa Kuning'. SMK yang dikenal sebagai penghasil animator-animator terbaik itu membuat tokoh animasi yang ikut bernyanyi, menari dan berinteraksi sepanjang acara, yang pasti akan menarik untuk ditonton anak-anak bersama keluarga.

Mirwan Suwarso yang mewakili Mola TV mengemukakan saat ini keberadaan lagu anak di Indonesia kian berkurang. Anak-anak lebih memilih mendengarkan atau menyanyikan lagu-lagu untuk orang dewasa yang tidak sesuai dengan usianya.

Ia mengatakan, banyak anak tidak pernah mengenal lagu anak karya ibu Soed, Pak Kasur, AT Mahmud yang legendaris, seperti 'Naik Delman', 'Burung Kutilang', 'Lihat Kebunku', 'Naik Kereta Api', 'Menanam jagung', dan masih banyak lagi. Padahal lagu anak pernah mencapai masa keemasan hingga tahun 2000-an.

"Kami berharap acara 'Sofa Kuning' dapat menjadi sebuah acara yang mengajak keluarga berkumpul bersama, belajar bersama dan juga bermain bersama. Kami pun yakin bahwa acara 'Sofa Kuning' akan menjadi acara yang bermanfaat bagi perkembangan anak-anak balita Indonesia," tutur Mirwan.

Selain 'Sofa Kuning', Di kanal Mola Kids di Mola TV, para orang tua juga bisa menemukan tayangan program anak-anak lainnya, seperti Art Ninja, Backyard Science, Garfield & Friends, Bear Grylls Survival School dan masih banyak lagi. Tayangan Mola TV dapat diakses melalui aplikasi digital yang diunduh dari Google Play Store atau App Store, dan lewat situs Mola TV.



Simak Video "Haaland 2 Gol, Dortmund Bekuk Freiburg 4-0 "
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)