Diterpa Isu Cerai, Kanye West Tunda Rilis Album Donda

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Sabtu, 25 Jul 2020 09:52 WIB
People record on their phones as Kanye West makes his first presidential campaign appearance, Sunday, July 19, 2020 in North Charleston, S.C. Rapper Kanye West, in his first event since declaring himself a presidential candidate, delivered a lengthy monologue Sunday touching on topics from abortion and religion to international trade and licensing deals. Whether hes actually seeking the nations highest office remains a question. (Lauren Petracca Ipetracca/The Post And Courier via AP)
Kanye West tunda rilis album. (Foto: AP/Lauren Petracca Ipetracca)
Jakarta -

Pekan ini, Kanye West telah mengumumkan bahwa dirinya akan merilis album Donda. Judul dari album itu, diambil dari nama mendiang ibunya, Donda West yang meninggal dunia pada 2007 lalu.

"DONDA akan rilis pada Jumat," tulis Kanye West dalam sebuah kicauan di Twitter-nya. Ia sekaligus mengunggah foto yang menunjukkan 12 daftar lagu yang akan masuk dalam album itu.

Sayangnya hingga kini, album yang seharusnya dirilis pada Jumat, 24 Juli 2020 itu tidak kunjung keluar. Padahal rapper yang kini mencalonkan diri sebagai Presiden AS itu telah mengumumkan rencana album sejak jauh-jauh hari.

Ia bahkan telah merilis single berjudul Wash Us in the Blood yang merupakan hasil kolaborasi dirinya dengan Travis Scott.

Malahan, Taylor Swift yang memiliki sejarah panjang berselisih dengannya merilis sebuah album secara tiba-tiba. Album itu berjudul Folklore yang berisikan 16 lagu.

"Hampir semua rencana yang aku buat untuk musim panas tahun ini tidak terjadi, tapi ada satu hal yang aku tidak rencanakan namun terjadi. Dan hal itu adalah album studio ke-8 dariku, Folklore. Kejutan," tulisnya dalam salah satu keterangan foto Taylor Swift di Instagram.

"Sebelum tahun ini, aku mungkin sangat memikirkan dengan matang kapan albumku akan keluar di waktu yang tepat. Namun masa-masa ini membuatku berpikir bahwa tidak ada yang bisa memberikan garansi (bahwa rencana akan berjalan lancar)," ungkap dia lagi.

Bukan rahasia bahwa Taylor Swift dan Kanye West memang sudah lama saling sengit satu sama lain. Ketegangan antara keduanya bermula dari kemenangan Taylor Swift di ajang MTV Video Music Award 2009.

Saat itu, Taylor Swift memenangkan piala untuk kategori Best Video by a Female Artist.

Taylor Swift tengah naik ke panggung dan mengungkapkan pidato kemenangannya ketika pria kelahiran 8 Juni 1977 tiba-tiba naik dan menyela pidato itu. Menurut Kanye West, Beyonce lebih pantas menang ketimbang pelantun You Belong With Me itu.

"Aku ingin membiarkanmu menyelesaikan omonganmu, tapi Beyonce memiliki salah satu video terbaik sepanjang masa!" kata Kanye saat itu.

Pertengkaran antara Taylor Swift dan Kanye West kembali terjadi ketika Kanye mengeluarkan lagu Famous bersama Rihanna dan Swizz Beatz.

Dalam lagu tersebut terdapat lirik, "I feel like me and Taylor might still have sex // Why? I made that bitch famous (God damn) // I made that bitch famous."

Kanye West mengaku telah menelepon Taylor Swift untuk meminta izin penggunaan namanya dalam lagu tersebut. Akan tetapi Taylor Swift mengaku tidak tahu dan tidak menyetujuinya.

Kasus tersebut sempat ramai pada 2016 hingga baru-baru ini. Sampai percakapan penuh telepon antara Taylor Swift dan Kanye West kembali beredar.

Album baru Taylor Swift yang dirilis bertepatan dengan tanggal, seharusnya Kanye West mengeluarkan album itu langsung mencuri perhatian dan mendapat pujian dari banyak pihak.

Jadi, benar-benar ditunda karena Taylor Swift rilis album nggak nih, Kanye?



Simak Video "Kanye West Rela Rogoh Rp 99 M Demi Kampanye Capres AS"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/mau)