detikHot

music

5 Lagu Perjuangan Kaum Kulit Hitam

Minggu, 12 Jul 2020 18:24 WIB Dyah Paramita Saraswati - detikHot
60th Annual Grammy Awards – Show – New York, U.S., 28/01/2018 – Kendrick Lamar performs a medley. REUTERS/Lucas Jackson Kendrick Lamar Foto: REUTERS/Lucas Jackson
Jakarta -

Budaya dan musik kaum kulit hitam menjadi salah satu yang paling populer di Amerika Serikat. Sayangnya, kemahsyuran musik dari musisi kulit hitam itu berbanding terbalik dengan catatan kelam sejumlah peristiwa rasial yang terjadi di Negeri Paman Sam tersebut.

Tidak mengherankan bila musisi turut menumpahkan kegelisahan mereka lewat lagu. detikcom merangkum sejumlah lagu yang liriknya memuat cerita tentang perjuangan kaum kulit hitam di Amerika Serikat.

Freedom - Beyonce feat. Kendrick Lamar

Meski kerap mengangkat isu sosial, mulai dari ras hingga feminisme dalam lagunya, Freedom disebut-sebut sebagai salah satu lagu paling politis yang pernah dinyanyikan Beyonce.

Hasil kolaborasi dengan Kendrick Lamar itu tertuang dalam album Lemonde (2016) yang merupakan album yang mengekspresikan pengalaman diri Beyonce sebagai perempuan kulit hitam.

[Gambas:Youtube]




Better Days - Ariana Grande feat. Victoria Monet

Ariana Grande berkolaborasi dengan Victoria Monet dalam lagu berjudul Better Days. Meski lagu itu mengangkat perihal isu sosial, akan tetapi lagu tersebut memuat optimisme tentang perubahan ke arah yang lebih baik di masa yang akan datang.

Lagu itu dirilis sekitar empat tahun lalu pada 2016 setelah meninggalnya Philando Castile dan Alton Sterling karena kekerasan oknum kepolisian.

[Gambas:Youtube]




Spiritual - Jay Z

Meski merilis lagu pada beberapa tahun yang lalu, akan tetapi lagu Spiritual dari Jay Z masih relevan hingga kini. Lagu itu menggambarkan kekecewaan Jay Z pada tindakan rasial dan kekerasan yang dilakukan oleh oknum kepolisian.

[Gambas:Youtube]




Black Rage - Lauryn Hill

Lauryn Hill mengganti lirik dari lagu My Favourite Things dengan lirik berisikan kisah perselisihan ras Afrika-Amerika dengan kulit putih di Amerika Serikat dalam lagu Black Rage.

[Gambas:Youtube]




Hell You Talmbout - Janelle Monae

Janelle Monae memiliki lagu protes anthemik yang terdapat dalam album The Electric Lady (2013) sebagai bonus track.

[Gambas:Youtube]







Simak Video "Resso Ungkap Perubahan Gaya Nikmati Musik saat New Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com