Sederet Kontroversi Kanye West yang Calonkan Diri Jadi Presiden AS

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Rabu, 08 Jul 2020 13:14 WIB
kanye west
Kanye West dan sederet kontroversinya di musik / Foto: Istimewa
Jakarta -

Kanye West tampaknya tidak puas setelah berhasil menjadi musisi dan rapper kenamaan. Dirinya mengumumkan terjun ke kontestasi politik dengan mencalonkan diri sebagai presiden pada pemilu tahun ini.

Akan tetapi sebenarnya Kanye West adalah sosok yang cukup kontroversial di industri musik. detikcom merangkum sejumlah perilaku Kanye yang kerap menimbulkan pro dan kontra.

Merebut Mikrofon Taylor Swift di MTV VMA

NEW YORK - SEPTEMBER 13:   Kanye West (L) jumps onstage after Taylor Swift (C) won the NEW YORK - SEPTEMBER 13: Kanye West (L) jumps onstage after Taylor Swift (C) won the "Best Female Video" award during the 2009 MTV Video Music Awards at Radio City Music Hall on September 13, 2009 in New York City. (Photo by Christopher Polk/Getty Images) Foto: Christopher Polk/Getty Images

Kesengitan antara Kanye West dan Taylor Swift menjadi hal legendaris yang tidak akan dilupakan oleh para penggemar musik pop Amerika Serikat. Ketegangan antara keduanya bermula dari kemenangan Taylor Swift di ajang MTV Video Music Award 2009.

Saat itu, Taylor Swift memenangkan piala untuk kategori Best Video by a Female Artist.

Taylor Swift tengah naik ke panggung dan mengungkapkan pidato kemenangannya ketika pria kelahiran 8 Juni 1977 tiba-tiba naik dan menyela pidato itu. Menurut Kanye West, Beyonce lebih pantas menang ketimbang pelantun 'You Belong With Me' itu.

"Aku ingin membiarkanmu menyelesaikan omonganmu tapi Beyonce memiliki salah satu video terbaik sepanjang masa!" kata Kanye saat itu. Ups!

Bertengkar dengan Taylor Swift

Pertengkaran antara Taylor Swift dan Kanye West kembali terjadi. Hal itu terkait dengan penggarapan lagu Famous yang ia bawakan bersama Rihanna dan Swizz Beatz.

Dalam lagu tersebut terdapat lirik, "I feel like me and Taylor might still have sex // Why? I made that bitch famous (God damn) // I made that bitch famous."

Kanye West mengaku telah menelepon Taylor Swift untuk meminta izin penggunaan namanya dalam lagu tersebut, akan tetapi Taylor Swift mengaku tidak tahu dan tidak menyetujuinya.

Kasus tersebut sempat ramai pada 2016 hingga baru-baru ini, percakapan penuh telepon antara Taylor Swift dan Kanye West kembali beredar.

Naik Turun Hubungan Pertemanan dengan Jay-Z

Kanye West dan Jay-Z memiliki sejarah pertemanan yang panjang. Keduanya telah bekerja sama sejak sekian lama. Kanye West bahkan pernah menulis lagu tentang Jay Z dengan judul Big Brother dalam album Graduation miliknya.

Jay-Z mengakui bahwa hubungannya dengan Kanye West kadang berat (tough love) akan tetapi, lagu Big Brother dianggapnya sebagai pandangan jujur dari adik pada kakaknya.

Keduanya kemudian berkolaborasi dalam album Watch the Throne. Hubungan keduanya semakin kuat dan mereka menjalani tur bersama.

Akan tetapi ketegangan antar keduanya tidak bisa terhindarkan ketika Jay Z dan Beyonce tidak menghadiri pernikahan Kanye West dan Kim Kardashian.

Beyonce memang mengucapkan selamat di media sosial miliknya pada pasangan tersebut, akan tetapi rumor mengenai renggangnya hubungan kedua sahabat itu kadung merebak.

Ketika Kim Kardashian mengalami kecurian di Paris, Kanye West mengaku kecewa karena Jay Z tidak menunjukkan perhatiannya.

Salah satu puncak dari pertikaian mereka adalah ketika Kanye West memutuskan keluar dari TIDAL yang merupakan layanan streaming lagu milik Jay Z.

Pertengkaran antar keduanya diakui Kanye West dimulai dari ketidakhadiran Jay Z dan Beyonce pada hari pernikahannya. Namun keduanya kini telah dikabarkan akur kembali.

Terseret dalam Drama Pertengkaran Drake dan Pusha T

Pada 2018, pertengkaran antara Pusha T dan Drake memanas. Pusha T membocorkan bahwa Drake menggunakan penulis lain (ghostwriter) untuk menulis lagunya.

Pusha T juga membeberkan bahwa Drake memiliki anak bernama Adonis hasil buah cintanya dengan Sophie Brussaux yang merupakan mantan bintang film erotis.

Drake menuduh Kanye yang membeberkan rahasia tersebut sebab Kanye West baru saja bekerja sama dengan Pusha T. Kanye West meminta maaf dan mengatakan dirinya tidak pernah membocorkan rahasia Drake pada Pusha T.

Akan tetapi Drake tidak terima begitu saja dan merilis lagu In My Feelings. Dalam lagu yang kemudian viral itu terdapat lirik, "Kiki do you love me?".

Menurut rumor, Kiki adalah Kim Kardashian, istri Kanye West yang sebelumnya dirumorkan pernah dekat dengan Drake.



Simak Video "Kanye West Rela Rogoh Rp 99 M Demi Kampanye Capres AS"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/doc)