detikHot

music

Serba-serbi Pemain Musik Lepas, Iringi Banyak Penyanyi di Atas Pentas

Senin, 29 Jun 2020 12:52 WIB Pingkan Anggraini - detikHot
Ilustrasi Penonton Konser Musik di Konser The Chainsmokers di Jakarta. Ilustrasi musik. Foto: Hanif Hawari
Jakarta -

Menjadi musisi ternyata tidak harus selalu bergabung dalam sebuah band atau menjadi solois. Mungkin belum banyak yang mengenal profesi pemain musik lepas atau session player.

Pekan lalu, tiga session player senior yang terdiri dari Ade Avery (gitar), Yo Iqball (drum) dan Bani Pandean (bass) tampil di detikcom dalam konser virtual bertajuk AIB Show.

Ketiganya bercerita mengenai serba-serbi bekerja di industri musik sebagai session player. "Session player itu musisi yang mengiringi beberapa penyanyi atau soloist atau band gitu," buka Bani mengenai penjelasannya.

Artinya para pemain musik lepas tersebut membantu para musisi di sesi rekaman dan di atas panggung meskipun tidak bergabung dalam sebuah band atau kelompok musik.

AIB ShowAksi Ade, Iqbal dan Bani saat tampil di AIB Show. Foto: Pingkan Anggraini



Iqbal menjelaskan, pada dasarnya, session player diharapkan dapat menguasai berbagai jenis aliran musik agar dapat mengiringi para musisi dari berbagai genre.

"Kami di-challenge untuk bisa memainkan lagu ini. Walaupun itu sepuluh menit sebelum manggung gitu, terus dibilangnya, 'Gue mau lagu ini dong' nah itu udah jadi tugas kami. Harus bisa," ujar Iqbal.



Selain harus bisa memainkan lagu dari musisi yang menggunakan jasa mereka, para session player juga harus menjaga hubungan baik dengan para musisi agar kerjasama tetap terjalin.

"Ya permintaannya yang pasti harus bisa mainin lagu mereka, itu sudah pasti. Terus habis itu bisa bekerja sama dengan baik dengan mereka. Misalnya kayak ya selain di atas panggung, tapi di belakang panggung itu juga penting," terang Iqbal.

Bani menyebutkan sejauh ini ada sejumlah musisi papan atas yang pernah bekerja sama dengannya. "Isyana Sarasvati kami pernah manggung bareng, Raisa pernah manggung bareng, Rizky Febian juga, Ahmad Dhani, kemudian Rossa, ya macam-macam sih," cerita Bani.

"Memang ya itulah session player, ibaratnya nemplok sana, nemplok sini, ujung-ujungnya kami bisa ketemu lagi, kayak gitu," terang dia menambahkan.




Simak Video "Isyana Sarasvati Tantang AIB Jamming Lagu 'Lexicon'"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com