Kunto Aji Melepas Rindu dengan Penggemar Secara Virtual di Neno Fest

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Senin, 29 Jun 2020 08:17 WIB
Kunto Aji di BNI Java Jazz 2019
Kunto Aji / Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Tahun lalu menjadi tahun yang terbilang sibuk bagi Kunto Aji. Setelah mengeluarkan Mantra Mantra sebagai album keduanya pada 2018, di 2019, Kunto Aji nyaris tampil dalam tiap festival tahunan yang digelar.

Tidak hanya itu, dirinya juga menggelar konser tunggal merayakan satu tahun keluarnya album Mantra Mantra. Nyaris tidak ada ruang bagi penggemar untuk merindukan sosok penyanyi berkacamata itu sebab begitu banyaknya panggung yang diisi olehnya.

Semenjak pandemi COVID-19, nyaris tidak ada lagu panggung festival musik dan konser yang digelar secara langsung demi menghindari penyebaran virus Corona itu.



Kunto Aji yang pada tahun sebelumnya begitu mudah ditemui penggemarnya dalam berbagai pertunjukan, harus puas melepas rindunya lewat konser virtual.

Dia menjadi salah satu pengisi acara dalam festival musik virtual Neno Fest hari ketiga yang berlangsung pada Minggu (28/6/2020). Bagi penggemar Kunto Aji, ini adalah saatnya melepas rindu setelah tidak dapat menyaksikan sang musisi di masa pandemi.

Malam itu Kunto Aji tampil dengan formula serupa dengan panggung-panggung di tahun lalu, membawakan sejumlah lagu dari album Mantra Mantra. Yang menjadi pembeda hanyalah kali ini ia tampil secara virtual.

Setelah membawakan Rancang Rancana, Kunto Aji mengucapkan harapannya, "Di masa pandemi ini kita hanya bisa berdoa supaya kondisi semakin baik."



Penampilannya kemudian dilanjutkan dengan sejumlah lagu lainnya, di antaranya Topik Semalam dan Pilu Membiru.

Ia juga sesekali bercerita mengenai kisah di balik lirik lagunya. Misalanya setelah ia membawakan Saudade, ia mengatakan, "Saudade lagu yang menceritakan tentang kenangan, tentang hal-hal indah yang muncul di kepala kita."

Selepas Rehat dan Jakarta Jakarta dibawakan, ia pun kembali bercerita mengenai lagu Jakarta Jakarta yang merupakan curahan isi hatinya terhadap Jakarta.

"Lagu yang saya tulis untuk ibu kota tercinta kita, banyak kenangan manis atau kenangan perjuangan di kota ini. Yang jelas tiap kota punya baik buruknya masing-masing," ujar dia.



Pukul 21.00 WIB lewat, penampilan singkat Kunto Aji mau tidak mau harus diakhiri. Ia menutup penampilannya dengan membawakan Konon Katanya.

Neno Fest merupakan festival musik virtual yang berlangsung tiga hari, pada 26 hingga 28 Juni 2020. Malam itu selain Kunto Aji, tampil pula Geisha, Rossa, dan D'MASIV.

Kunto Aji meramaikan Neno Fest bersama deretan musisi yang tampil lainnya. Di antaranya Agatha Priscilla, NOAH, Hindia, Tulus, Nadin Amizah, Sheryl Sheinafia dan Weird Genius.





Simak Video "Komentar Fiersa Besari-Kunto Aji soal Bentak-bentak Maba Ospek Unesa"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/doc)