Yang Terakhir Jadi Kolaborasi Andi Rianto di Tengah WFH

Desi Puspasari - detikHot
Minggu, 28 Jun 2020 18:15 WIB
Andi Rianto
Foto: Andi Rianto
Jakarta -

Pandemi Corona membuat Andi Rianto juga bekerja dari rumah. Sang komposer pun berhasil melahirkan karya-karya salah satunya single berjudul Yang Terakhir.

Selama work from home (WFH) atau bekerja dari rumah, Andi Rianto mengerjakan sejumlah lagu hasil kolaborasinya dengan Legenda Musik Indonesia. Ada empat single dari berbagai genre, mulai dari pop, rock, hingga folk Andi Rianto aransemen dengan pola WFH.

"Saat WFH seperti ini, tentu kita harus berusaha sekeras mungkin untuk mengerjakan segala sesuatunya dari rumah. Untungnya di era digital sekarang, hal ini sangat memungkinkan," kata Andi Rianto dalam rilis yang diterima detikcom, Minggu (28/6/2020).

"Dan saya sangat menghargai Legenda Musik Indonesia yang sangat memperhatikan proses-proses pembuatan single ini, dari rumah saja," sambungnya.

'Yang Terakhir' karya Glenn O Rotty dipilih menjadi yang pertama dari empat single lainnya yang diperkenalkan. Dalam proyek ini, Andi Rianto dengan Legenda Musik Indonesia menggaet musisi lintas genre dari berbagai ajang pencarian bakat, seperti Indonesian Idol, The Voice Indonesia, Indonesia Mencari Bakat (IMB), serta perhelatan lomba menyanyi internasional.

Nama-nama penyanyi yang dihadirkan dalam kerja sama Legenda Musik Indonesia dan Andi Rianto ini adalah Dirly, Lobow, Roy Jeconiah, Alwin, Ope, Ilona, dan Bimmo. Untuk single 'Yang Terakhir' akan dibawakan lewat duet romantis Ilona dan Bimo.

"Setiap mengaransemen sebuah lagu, saya berangkat dari lagu itu sendiri dan karakter suara penyanyinya. Dikarenakan 'Yang Terakhir' ini adalah sebuah lagu duet, maka keselarasan harmoni harus lebih diperhatikan. Oleh karena melodi lagu ini sangat kuat dan indah, pekerjaan saya sangat dimudahkan," jelas komposer asal Sorong, Papua itu.

"Single ini menurut saya memiliki kekuatan dari melodi dan lirik yang indah, serta kekuatan para penyanyi dalam membawakan lagu ini," tambah Andi Rianto.

Faisal Nurdin, Direkur Support & Business Development Legenda Musik Indonesia membeberkan ini adalah proyek yang cukup sulit apalagi harus menggabungkan enam musisi lintas genre. Sebagai komposer handal, Andi Rianto membuat proyek ini berjalan lancar.

'Yang Terakhir' sudah bisa didenar sejak 25 Juni 2020 melalui digital store dan channel YouTube Legenda Musikindo.

"Dengan hasil yang menggembirakan dari pengerjaan proyek kolaborasi ini, kami menargetkan single lainnya yang akan dirilis pada Juli dan Agustus di tahun ini. Ada enam hingga tujuh single yang akan kami rilis dalam kurun waktu tersebut," kata Faisal.

Setelah 'Yang Terakhir' akan ada beberapa judul single lainnya, yakni 'Disaat Kau Pergi' yang dinyanyikan oleh Dirly dan 'Rindu Berbisik' dibawakan oleh Lobow dan Alwin, dua judul itu sudah siap diluncurkan setelah single 'Yang Terakhir'.



Simak Video "Senang Mengenal Andi Rianto, BCL: Dia Sejenius Itu!"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/dar)